Pantai Pink Komodo – Bukan hanya ada di Lombok, NTB saja. Di Flores NTT pun juga ada Pantai Pink. Mau tahu, apa saja keistimewaan dari obyek wisata ini?

Sesuai dengan namanya, Pantai Pink merupakan sebuah pantai dengan hamparan pasir yang berwarna merah muda. Perlu diketahui, pantai Pink di Flores tak kalah indah dari yang ada di Lombok.
Selain itu, kita perlu berbangga diri, nyatanya pantai dengan pasir berwarna merah muda atau pink ini jumlahnya tidak banyak di dunia. Selain di Lombok dan Flores, pantai berwarna pink cuma terdapat di Santa Cruz-Filipina, Sardinia-Italia, Harbor Island-Bahamas, Bermuda, Bonaire-Dutch Carribean Island dan di Balos Lagoon-Yunani.

pantai pink komodo flores

sumber instagram@eastrip

Pantai Pink Komodo, Daya Tarik Wisata Flores

Pantai Pink terletak tidak jauh dari Kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Taman Nasional Komodo memang menjadi salah satu destinasi wisata terbesar di Indonesia karena keindahan Pulau Komodo sudah masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Jadi, ketika Anda berkunjung ke Flores, Labuan Bajo atau ke Pulau Komodo, sempatkan diri Anda untuk berkunjung ke Pantai Pink.

Pantai Pink Komodo merupakan pantai yang sangat cantik, hamparan pasir merah mudanya terlihat menggoda siapa saja untuk menginjakkan kaki disana. Pemandangan alamnya begitu eksotis, air laut yang berwarna biru dan berombak tenang, dipenuhi dengan keanekaragaman biota laut dan karang-karang yang indah menjadi daya tarik tersendiri Pantai Pink Komodo.

pantai pink komodo flores

sumber instagram@eastrip

Asal mula Pantai Pink

Hingga saat ini, belum ada yang mengetahui secara pasti, asal muasal warna merah muda pada hamparan pasir yang ada di Pantai Pink Komodo. Namun ada yang berpendapat bahwa warna merah muda didapat dari pecahan karang berwarna merah yang sudah mati kemudian bercampur dengan pasir yang berwarna putih sehingga terciptalah hamparan pasir berwarna merah muda.

Sementara itu, para ahli biologi berpendapat bahwa pasir merah muda berasal dari adanya hewan mikroskopik yang disebut foraminifera yang menghasilkan warna merah atau pink pada terumbu karang.

pantai pink komodo flores

sumber instagram@eastrip

Cara ke Pantai Pink Komodo

Pantai Pink merupakan sebuah pantai yang tidak berpenghuni. Untuk bisa sampai ke Pantai Pink, Anda harus menyewa perahu ataupun speed boat dari Labuan Bajo. Biasanya, pada paket tour wisata, Anda akan dibawa menuju Pulau Rinca kemudian Pulau Komodo terlebih dahulu. Kemudian dari Labuan Bajo, diarahkan ke Dermaga Loh Buaya yang ada di Pulau Rinca dengan jarak tempuh 45 menit.

Di pulau-pulau yang akan Anda susuri, Anda akan berjumpa dengan reptil raksasa komodo yang hidup liar dan bebas di habitat asli mereka tersebut. Dari Dermaga Loh Liang yang ada di Pulau Komodo, Anda harus menempuh perjalanan dengan kapal selama 30 menit untuk bisa sampai ke Pantai Pink. Anda pun juga dapat melakukan trekking menyusuri tebing-tebing karang dan hutan bakau selama kurang lebih 4 jam untuk menuju ke Pantai Pink.

Aktivitas wisata di Pantai Pink

Karena merupakan sebuah pantai yang tidak berpenghuni maka kelestarian alam yang ada di Pantai Pink juga masih cukup terjaga dan terawat dengan baik. Di pantai ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan wisata bahari seperti bersantai dan berjalan-jalan di pinggir pantai, berenang hingga snorkeling atau diving.
Pemandangan alam Pantai Pink benar-benar menakjubkan, Anda akan merasakan betapa kayanya alam Nusantara yang indah disana. Dijamin, wisata ke Pantai Pink, Komodo benar-benar takkan terlupakan.

Written by Ilham

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *