Air Terjun Benang Kelambu, Surga Tersembunyi di Lombok

Air Terjun Benang Kelambu – Lombok memang terkenal dengan wisata laut dan pantai. Tapi ternyata Lombok masih memiliki surga-surga tersembunyi lain yang patut kamu tuju. Air Terjun Benang Kelambu yang tersembunyi di kaki Gunung Rinjani memiliki pemandangan yang sangat indah.

Penampakan Benang Kelambu yang unik, menarik banyak turis untuk mengunjungi. Kamu yang mungkin jenuh dengan pantai, mengunjungi wisata air terjun ini bisa menjadi pilihan. Nuansa alamnya sangat menyegarkan, dengan pemandangan dedaunan yang memukau.

Kamu yang tertarik untuk mengunjungi Benang Kelambu, simak beberapa info berikut yang sangat berguna untukmu.

Baca Juga :
Pantai Selong Belanak, Tujuan Wisata Favorit di Lombok

Pesona Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

Ada legenda yang beredar mengenai Benang Kelambu. Jadi legenda sejarah Air Terjun Benang Kelambu, pada waktu-waktu tertentu, Dewi Anjani turun dari kayangan ke air terjun ini. Dewi Anjani akan mandi dan mencuci rambutnya.

Ditarik dari legenda tersebut, timbul juga mitos-mitos tertentu yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Salah satunya, jika kamu membasuh rambut dengan air Benang Kelambu, masalah rambut rontok akan teratasi. Rambut juga akan tampak lebih hitam lebat bak rambut bidadari.

Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan bahwa orang yang mandi di Benang Kelambu akan mendapatkan citra wajah yang lebih muda. Pasalnya hulu dari air terjun ini berada di Danau Segara Anak. Beberapa masyarakat juga masih ada yang mencari berkah dan keselamatan di air terjun ini.

Mari kesampingkan masalah legenda dan mitos. Sebenarnya apakah yang membuat Benang Kelambu menarik sebagai tempat wisata.

Kamu akan mendapati air terjun yang memiliki bentuk unik. Bentuk air terjunnya tampak seperti kelambu. Air terjun yang dari atas mengalir masuk ke rumpun dedaunan di tebing air terjun.

Pemandangan rimbunnya dedaunan di air terjun ini tampak sangat indah. Kamu yang hobi fotografi pasti akan terpuaskan. Kamu akan mendapatkan banyak stok foto yang menarik.

Air terjun Benang Kelambu ini terbagi dalam 3 tingkatan air terjun. Air terjun bagian paling atas memiliki ketinggian 30 meter. Bagian selanjutnya setinggi 10 meter dan yang paling bawah 5 meter.

Baca Juga :
Wisata Kuliner Paling Favorit Saat Berlibur Ke Pulau Komodo

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani bagian Lombok Tengah. Lokasinya masuk dalam wilayah Desa Aik Berik berkecamatan di Batu Keliang Utara.

Dari Bandar Udara Internasional Lombok, kamu membutuhkan waktu sekitar 55 menit menggunakan kendaraan roda empat. Aksesnya cukup mudah dengan jalur tunggal. Pasalnya kawasan wisata ini cukup populer sehingga aksesnya sudah diperbagus.

Rutenya, dari kota Mataram, arahkan kendaraan ke Narmada. Setelah itu menuju Sedau dan dilanjutkan menuju desa Pancor Dau. Dari desa Pancor Dau arahkan kendaraan ke Pasar Teratak, sesampainya di Pasar Teratak arahkan kendaraan menuju Desa Aik Berik.

Sepanjang jalan menuju lokasi air terjun, kamu akan mendapati nuansa alami. Kamu akan melewati kawasan hutan yang masih cukup asri. Sebagian lahan di hutan tersebut juga dimanfaatkan masyarakat sebagai lahan untuk berkebun.

Gerbang masuk menuju air terjun ada di dataran yang cukup tinggi. Untuk menuju ke sana, kamu harus mempersiapkan fisik. Kamu harus tracking dan melewati beberapa anak tangga sebelum bisa mencapai air terjunnya.

Fasilitas di Air Terjun Benang Kelambu

Tempat wisata ini masih sangat natural. Fasilitas penunjang yang ada, menyesuaikan kebutuhan umum wisatawan. Tidak ada fasilitas-fasilitas permainan modern yang disediakan. Hal ini untuk menjaga keasrian, dan kenaturalan area ini.

Di sini kamu tidak akan menemukan berbagai permainan outbound yang umum ada di wisata alam yang ada di Jawa. Kamu hanya akan dihibur oleh suasana alam yang masih cukup otentik.

Baca Juga :
Mau ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT.? Perhatikan Tips Penting Ini

Di sini sudah disediakan toilet dan mushola yang dijaga kebersihannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin buang air atau beribadah. Ada juga beberapa tempat berteduh yang disediakan untuk beristirahat.

Ada juga warung-warung yang dibuka oleh masyarakat. Di situ kamu bisa membeli makanan sekaligus membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar tempat wisata.
Lahan parkir Benang Kelambu cukup luas. Hal ini untuk menunjang membludaknya kunjungan wisata.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Jika mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu Lombok Tengah ini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas berikut ini:

Bermain Air

Bermain di air terjun, rasanya tidak akan lengkap jika tidak bermain air. Di sini kamu akan mendapati air yang sangat segar dengan suhu sekitar 10 derajat celcius. Kamu bisa bermain air di bawah air terjunnya langsung, atau berenang di kolam yang pemandian yang sudah disediakan.

Jika kamu ingin bermain air di bawah air terjun, pastikan untuk berhati-hati. Pasalnya bebatuan di sini sangatlah licin. Jika tidak berhati-hati sangat rawan untuk jatuh.

Menikmati Suasana Alam

Di tempat ini, kamu bisa menikmati suasana alam yang alami dengan pemandangan indah. Di sekitar sini, kamu akan melihat banyak pepohonan. Semuanya terasa natural, kamu akan merasakan relaksasi secara optimal hanya dengan berada di tempat ini.

Berfoto

Banyak orang yang ingin berkunjung ke tempat ini karena penampakannya yang aesthetic. Berfoto dengan background air terjun kerap menjadi incaran. Air terjun yang mengalir melalui sela-sela rumpunnya dedaunan, bisa menjadi latar belakang yang sungguh menakjubkan.

Kamu yang memiliki peralatan foto profesional, juga bisa hunting foto di tempat ini. Dedaunan yang rimbun di tebing air terjun, dengan air yang mengalir layaknya tirai, menghasilkan perpaduan yang sangat sempurna. Kamu akan tersenyum dengan hasil fotonya.

Jika kamu memiliki drone, kamu bisa membawanya. Mendokumentasikan air terjun ini dari ketinggian akan sangat mengagumkan.

Ada sedikit tips untuk kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata ini. Pastikan kamu membawa handuk dan pakaian ganti, karena bisa dipastikan bajumu akan basah. Jangan lupa juga untuk membawa alas kaki yang tidak licin.

Kamu yang ingin mengambil foto, pastikan kamera atau handphone mu terlindung dari percikan air. Sangat disarankan untuk kamu beranjak sebelum jam 5 sore. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan sopan santun di area ini.

Harga Tiket dan Akomodasi

Biaya masuk ke tempat wisata ini cukup bersahabat. Harga tiketnya hanya sebesar 10 ribu rupiah per orang. Untuk biaya akomodasinya, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya parkir dengan harga kurang lebih 2 ribu sampai 5 ribu rupiah.

Untuk kamu yang membutuhkan jasa pemandu di sini juga disediakan. Dengan membayar 50 ribu rupiah, kamu akan mendapatkan 1 pemandu yang siap memandu 1 rombongan dengan anggota maksimal 7 orang.

Baca Juga :
8 Pantai di Bangka Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi

Kamu yang membutuhkan jasa ojek, bisa menggunakannya dengan biaya 35 ribu (pulang-pergi).

Keberadaan Benang Kelambu ini ternyata sangat membantu warga desa. Warga desa bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas pariwisata di tempat ini. Pemerintah juga turut aktif mendukung pertumbuhan pariwisata di sini, sebagai upaya pemajuan ekonomi warga desa.

Bertambah lagi 1 destinasi dalam daftar tujuan wisatamu. Air Terjun Benang Kelambu harus kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Susah payah dan lelah yang kamu rasakan untuk bisa menuju ke air terjun ini akan terbayar dengan lunas oleh pemandangan indahnya.