Bajawa Flores, Eksotisme Tersembunyi di Timur Indonesia

Bajawa Flores – Siapa yang tak kenal dengan nama Flores? Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini terkenal dengan alamnya yang begitu indah dan mempesona. Namun, ada satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan saat hendak berlibur ke pulau ini. Ya, Bajawa Flores patut kamu pertimbangkan masuk ke list destinasi wisata yang kamu rencanakan.

Bajawa merupakan salah satu destinasi yang cukup menyita perhatian bagi para turis domestik hingga mancanegara. Lansekapnya yang eksotis serta udaranya yang sejuk membuat para wisatawan seolah tak mau beranjak dari kota ini. Biar ngga semakin penasaran, simak ulasan ini hingga akhir, ya.

Daya Tarik Kota Bajawa Flores yang Memikat Wisatawan

Kota Bajawa memiliki panorama alam yang memukau bagi siapapun yang menyaksikannya. Alam sekitar Bajawa merupakan deretan perbukitan hijau dengan suasana pedesaan yang masih alami dan kental akan budaya.
Destinasi ini sangat cocok dikunjungi jika kamu ingin sejenak menenangkan diri ke tempat yang damai dan jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Persepsi masyarakat tentang NTT selama ini adalah daerah yang tandus, kering, dan panas. Namun kamu akan langsung berubah pikiran begitu mendatangi Kampung Bajawa yang udaranya begitu sejuk. Makanya, saat kesini jangan lupa membawa pakaian hangat untuk menjaga suhu tubuh.

Berkunjung ke Bajawa Flores NTT tak akan lengkap tanpa berinteraksi langsung dengan penduduk lokal kampung adat Bena yang ramah. Mereka juga tak segan berbagi tentang kebudayaan Bajawa yang masih kental dijalankan sehari-hari. Kamu akan disambut rumah tradisional yang unik saat berkeliling desa.

Sumber : IG @liburankemanaya

Baca Juga : Berwisata ke Kampung Adat Tertua di Bajawa

Salah satu budaya khas dari Bajawa adalah tenun ikatnya yang dibuat secara manual. Kualitas tenun ikat hasil karya warga lokal menjadi komoditas warisan leluhur yang banyak diminati turis.

Tak hanya itu, Bajawa juga menyajikan pengalaman berwisata buat kamu yang berjiwa petualang. Disini terdapat puncak bukit Wolobobo Bajawa Flores yang memiliki spot mengagumkan untuk menikmati senja. Suasananya yang romantis dengan hembusan angin segar dari gunung Inerie pastinya bisa membuatmu betah berlama-lama sambil bercengkrama atau sekedar berswafoto.

Lokasi Bajawa Flores

Bajawa merupakan ibukota Kabupaten Ngada, yaitu salah satu kabupaten di Pulau Flores Provinsi NTT. Kota ini berada di lereng Gunung Inerie yang menjulang serta dikelilingi perbukitan hijau yang memanjakan sejauh mata memandang. Nah, inilah yang menyebabkan Bajawa selalu diliputi udara segar bahkan dingin pada saat-saat tertentu.

Lokasi bajawa flores

Bajawa berada di tengah Pulau Flores. Kota ini dihubungkan oleh jalan arteri yang membentang dari Larantuka di ujung timur Flores hingga Labuan Bajo di bagian barat Pulau Flores. Akses jalan yang cukup mudah memungkinkan kamu dan rombongan tidak kesulitan menuju Kota Bajawa.

Lokasinya yang strategis disertai keindahan alam yang luar biasa menjadikan Bajawa tempat yang sempurna untuk bermalam. Bajawa juga sering menjadi tempat transit bagi para turis yang hendak mengunjungi desa adat di sekitarnya seperti Desa Bena dan Gurusina.

Untuk menuju Bajawa, kamu bisa menggunakan pesawat maupun bus. Penerbangan harian tersedia dari Labuan Bajo. Sedangkan bus umum yang menuju Bajawa bisa dari Moni, Riung, atau Labuan Bajo.

Fasilitas Di Bajawa Flores

Sebagai salah satu destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan lokal dan asing, terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa kamu jumpai di Bajawa. Fasilitas yang bisa dibilang paling esensial adalah penginapan. Beragam jenis penginapan mulai dari guesthouse hingga hotel tersedia disini.

Kamu tinggal menyesuaikan budget yang tersedia agar tidak berujung pada kendala finansial di tengah masa liburan. Tetapi kalau kamu menyediakan budget khusus, kamu bisa menginap di hotel sekitar dengan berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan.

Kampung Adat Bena
Sumber : IG: @liburankemanaya

Selain penginapan, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas lokal hingga Bajawa kopi arabika di restoran yang tersedia. Kamu bisa memilih beberapa restoran yang ada di sekitar Bajawa sesuai keinginan. Ada restoran spesialis makanan lokal, restoran yang menyuguhkan view menarik, hingga pertunjukan live music.

kopi bajawa
Sumber : IG @evrandh

Sesuatu yang menarik di Bajawa ini adalah adanya suatu pasar tradisional yang unik. Di pasar ini, komoditas barang bukanlah hal yang diutamakan saat aktivitas jual beli. Sebaliknya, warga setempat lebih mementingkan interaksi antara pembeli dan penjual dengan saling mengobrol satu sama lain.

Ini menunjukkan keramahan khas penduduk Bajawa yang selalu menjunjung nilai-nilai budaya. Kamu juga bisa mengambil kesempatan ini untuk berinteraksi langsung dengan penduduk lokal.

Aktivitas Saat Berlibur di Bajawa

Liburan tentu tak akan lengkap jika tidak melakukan aktivitas menarik di objek wisata yang dituju. Ada beragam aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat berada di Bajawa NTT.

Mengunjungi Desa Adat

Salah satu yang tak boleh kamu lewatkan adalah mengunjungi desa adat yang letaknya di sekitar perbukitan. Kebudayaannya yang kuat masih terasa di kehidupan sehari-hari.

Kampung Bena Flores
Sumber : @liburankemanaya

Desa Bena merupakan desa adat yang populer di Bajawa. Di desa ini kamu bisa mendapatkan pengalaman berwisata yang tak akan kamu peroleh di tempat lain. Rumah adat tradisional dan juga kain tenun ikat khasnya menjadi daya pikat tersendiri bagi para turis.

Hiking

Aktivitas hiking bisa jadi alternatif menarik saat di Bajawa. Dukungan geografis berbukit-bukit menjadikan aktivitas ini cukup populer dan digemari para wisatawan. Hiking beramai-ramai akan terasa lebih menyenangkan sambil menikmati keindahan alam Bajawa.

Aktivitas ini sangat cocok buat kamu yang senang dengan petualangan di alam bebas. Jangan lupa membawa sepatu yang nyaman jika berencana hiking, ya.

Mendaki Gunung Inerie

Nah, aktivitas yang satu ini sangat pas buat kamu yang mengaku pecinta alam. Letak Bajawa yang tak jauh dari Gunung Inerie memungkinkan kamu untuk mendaki gunung berapi yang tingginya 2.245 mdpl ini. Akan tetapi, jalur pendakian di gunung ini cukup sulit dan berbahaya.

Sumber : @dekapramana

Kamu bisa menyewa jasa pemandu wisata lokal yang bisa membantumu selama mendaki. Akan tetapi, aktivitas yang satu ini sebaiknya tidak kamu lakukan kalau belum berpengalaman dalam pendakian.

Menikmati Kopi Lokal Khas Bajawa

Nah, yang satu ini tentu wajib kamu coba. Menikmati kopi Bajawa Flores dengan aroma wanginya sangat cocok saat menyambut pagi ataupun menanti senja. Kopi arabika dengan cita rasa yang khas adalah hasil bumi yang ditanam langsung di tanah Bajawa.

Sumber @evrandh

Menyeruput secangkir kopi bersama sahabat atau keluarga sambil menyaksikan maha karya alam ciptaan Tuhan di lereng Gunung Inerie adalah penutup yang sempurna untuk mengakhiri harimu. Selain rasanya yang nikmat, harga yang ditawarkan pun cukup ramah di kantong.

Romantisnya Sunset di Bukit Wolobobo

Dilengkapi dengan akses jalan yang cukup mudah, bukit Wolobobo menjadi spot sempurna untuk menikmati sunset bersama pasangan. Hembusan angin yang lembut disertai perbukitan berlatarkan warna jingga menciptakan momen romantis yang tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk

  • Untuk berkunjung ke Desa Adat Bena, wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000 saja.
  • Biaya tiket masuk untuk memasuki area bukit Wolobobo yaitu Rp 5.000.
  • Untuk menikmati secangkir kopi Bajawa, kamu cukup menyisihkan uang mulai Rp 25.000.

Itulah ulasan mengenai wisata Bajawa Flores yang sangat menarik untuk dikunjungi. Rencanakan agenda liburanmu jauh-jauh hari agar berjalan lancar sesuai harapan.