Danau Tiga Warna Itu Bernama Kelimutu di Flores

Danau Tiga Warna di Flores – Danau Kelimutu bisa jadi merupakan salah satu danau di Indonesia yang memiliki keunikannya sendiri. Sebelum ke sana, kamu wajib untuk mengetahui info lengkap mengenai wisata ini. Mulai dari daya tarik utama, lokasi, fasilitas yang disediakan, aktivitas yang bisa kamu lakukan, hingga harga tiket masuknya.

danau tiga warna kelimutu flores
Foto by Anton Lowa

Daya tarik Danau Kelimutu ternyata tidak hanya berhasil menarik wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Tidak lengkap rasanya kamu mengunjungi NTT jika belum mengunjungi Danau ini. Berikut ulasannya:

Pesona Danau Tiga Warna di Flores

Nama Kelimutu diambil dari nama gunung yang ada di sana yaitu Gunung kelimutu. Kelimutu secara harfiah berarti gunung (keli) yang mendidih (mutu). Menurut sejarah, Danau Kelimutu merupakan hasil erupsi Gunung Kelimutu jutaan tahun yang lalu.

Danau ini sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari tiga danau atau tiwu yaitu Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Ata Mbupu. Pesona utama Danau Kelimutu adalah warna air masing-masing danau yang berbeda-beda.

danau tiga warna kelimutu flores
Foto by @khuwarizmy

Satu dari tiga danau ini letaknya terpisah di sebelah barat. Danau itu adalah Tiwu Ata Mbupu yang berarti Danau Orang Tua. Tiwu Ata Mbupu memiliki kedalaman sekitar 67 meter dan sering terlihat berwarna hijau.

Dua danau lainnya letaknya bersebelahan dan hanya terpisahkan oleh pematang yang tipis dan mudah hancur. Karena mudah hancur dan berbahaya, pengunjung dilarang melintas di area tersebut. Meskipun begitu, pematang ini justru mempertegas perbedaan warna dari Tiwu Nuwa Muri Koo Fai dan Tiwu Ata Polo.

Tiwu Nuwa Muri Koo Fai memiliki arti Danau Pemuda dan Gadis. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai memiliki warna hijau lumut dan merupakan danau yang paling dalam dengan kedalaman 127 meter.

danau tiga warna kelimutu flores
Foto by @shantie_syifa

Sedangkan Tiwu Ata Polo yang sering terlihat berwarna hijau tua, memiliki kedalaman 64 meter. Tiwu Ata Polo sendiri memiliki arti danau yang mempesona.

Saking indahnya, ketiga danau ini pernah diabadikan dan dicetak di lembar uang Rupiah pecahan Rp. 5.000,00 pada tahun 1992.

Warna dari ketiga danau ini bisa berubah-ubah tergantung pada pembiasan cahaya matahari, mikro biota air, pantulan warna dinding dan dasar danau, serta aktivitas Gunung Kelimutu. Warna-warna ini sering berubah menjadi warna coklat, krem, merah, hitam dan biru muda.

Lokasi Danau Kelimutu – Danau Tiga Warna di Flores

Danau Kelimutu berada di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Ndona, Kecamatan Wolowaru, dan Kecamatan Detusoko. Ketiga kecamatan ini sama-sama berada di Kabupaten Ende, Pulau Flores.

Jika kamu berada di luar NTT, transportasi udara merupakan mode transportasi tercepat yang bisa kamu pilih. Namun jika kamu memilih jalur laut, kamu bisa menyebrang dari Pulau Lombok menuju Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo, kamu bisa naik mobil pribadi atau minibus menuju Kabupaten Ende.

Foto by @nurzait

Jika kamu memilih untuk naik pesawat, bandara tujuan kamu adalah Bandara H. Hasan Aroeboesman, Kabupaten Ende. Setelah mendarat, kamu bisa menggunakan taxi yang sudah ada di sana, rental mobil, atau bisa juga naik kendaraan umum yang berbentuk seperti truk. Perjalanan sampai tujuan memakan waktu 1 hingga 1,5 jam.

Dari bandara, tempat yang menjadi tujuan kamu adalah Desa Moni yang terletak di kaki Gunung Kelimutu. Dari Desa Moni kamu bisa berjalan kaki sekitar 30 menit menuju Danau ini. Desa Moni merupakan titik awal jika kamu ingin melihat sunrise di puncak Gunung Kelimutu.

Fasilitas dan Akomodasi yang Tersedia di Danau Kelimutu

Saat kamu mengunjungi Danau ini, kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan. Seperti tempat wisata pada umumnya, Danau ini sudah dilengkapi dengan tempat beristirahat yang berbentuk gazebo dan juga toilet. Selain itu, ada banyak spot-spot menarik yang layak untuk diabadikan.

Baca Juga : Menikmati Eksotisme Tersembunyi di Timur

Jika kamu merasa haus dan lapar, pihak pengelola juga sudah menyediakan tempat makan serta banyak warung-warung yang dikelola oleh masyarakat setempat. Jika kamu mau membawa bekal sendiri, itu juga tidak menjadi masalah. Tidak ada peraturan yang melarang pengunjung membawa makanan.

Untuk penginapan atau guest house, di tempat wisata ini tidak tersedia sama sekali. Namun kamu bisa menginap di penginapan yang ada di Desa Moni. Desa Moni menyediakan penginapan yang nyaman dan terjangkau buat kamu. Penginapan ini bisa kamu pesan secara online atau on the spot.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Selain menikmati keindahan Danau, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di sekitarnya. Berikut adalah aktivitas seru di Danau Kelimutu:

Melihat Sunrise atau Matahari Terbit

Banyak yang menilai kalau puncak Gunung Kelimutu merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat sunrise. Untuk melihat sunrise, pengunjung disarankan untuk mulai mendaki sekitar pukul 1:00 hingga 3:00 dini hari. Dengan jalur trekking yang tidak terlalu sulit, pengunjung bahkan bisa mencapai puncak dalam waktu 30 menit.

Foto by @saragih_erick
Foto by @samsulharis
Foto by @narto_bandur
Foto by @saragih_erick

Karena saat dini hari puncak Gunung Kelimutu berkabut dan dingin, pengunjung disarankan untuk memakai pakaian yang cukup untuk menghangatkan diri. Selain itu, kondisi gunung yang gelap saat dini hari mengharuskan pengunjung membawa alat penerangan seperti senter.

Jika kamu haus dan lapar, kamu tidak usah khawatir akan kekurangan makanan dan minuman. Di sana terdapat beberapa warung yang menjual kopi, teh panas, dan jajanan lainnya yang bisa menemani kamu menikmati sinar mentari pagi. Perlu dicatat, di area ini kamu tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Melihat Air Terjun, Rumah Tradisional, dan Hot Spring di Desa Moni

Untuk melepas lelah setelah mendaki puncak Gunung Kelimutu, kamu bisa menikmati pemandian air panas Waturaka yang juga terletak di Desa Moni. Selain itu kamu bisa menikmati air terjun bernama Muru Ndao yang tidak terlalu tinggi.

Jika kamu menyukai wisata budaya dan tertarik dengan kehidupan masyarakat Desa Moni, kamu bisa berkeliling desa untuk melihat rumah tradisional Desa Moni. Bisa bercengkrama dan mengetahui lebih dalam kehidupan masyarakat setempat tentu merupakan hal yang bernilai.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Danau Tiga Warna di Flores

Jam buka Danau Kelimutu secara resmi: 05:00-18:00 WITA. Jika pengunjung ingin melihat sunrise, pengunjung bisa datang lebih pagi dan melapor di pos pendakian. Jadi pastikan kamu melapor terlebih dahulu sebelum naik ke puncak.

Harga tiket masuk Danau Kelimutu:

  • Turis domestik : Rp. 5.000,00 per orang.
  • Turis mancanegara : Rp. 15.000,00 per orang.
  • Parkir mobil : Ep. 10.000,00.

Harga di atas adalah ketika tulisan ini diterbitkan, jika ada perbedaan harga itu diluar tanggung jawab kami.

Demikianlah info lengkap mengenai wisata Danau Kelimutu. Setelah kamu mengetahui info ini, apakah kamu sudah siap untuk berkunjung ke sini?

Incoming search terms:

  • pantai tiga warna sudah buka language:id