Pesona Gua Rangko Labuan Bajo Yang Tersembunyi

Gua Rangko Labuan Bajo – Nama Gua Rangko memang masih terdengar asing bagi kebanyakan wisatawan Indonesia. Namun untuk mereka yang sudah akrab dengan obyek wisata Labuan Bajo, tentu sudah tak asing dengan gua cantik ini.

Pesona Gua Rangko Labuan Bajo

Perlu diketahui, goa Rangko ini berada di desa Rangko. Jadi tak heran jika keduanya memiliki nama yang sama. Untuk anda yang ingin menikmati pesona yang ditawarkan goa Rangko, sebaiknya berkunjung saat air surut. Jadi, pengunjung dapat mencapai gua dari desa dengan perahu. Lantas, apa saja keindahan yang ada di dalam Goa ini, sehingga banyak yang mengidolakannya?

Goa Rangko Labuan Bajo
sumber alibaba.kumpar.com

Pesona keindahan alam Gua Rangko Labuan Bajo

Dari segi tampilan, gua ini memiliki pintu masuk yang kecil. Namun, jangan khawatir, ukuran kecil yang kami maksud masih standart untuk ukuran manusia. Jadi, setiap orang dapat mudah masuk tanpa gangguan. Setelah Anda memasuki gua, Anda dapat menemukan banyak stalaktit. Kemudian dibawahnya, ada sebuah kolam alami. Airnya sangat segar, jernih dan sejuk. Tentu hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang membuat siapapun betah berlama-lama disana.

sumber centroone.com

Oya, waktu ideal untuk berkunjung ke dalam gua adalah saat pagi dan siang hari. Dan pastinya, untuk malam hari sangat tidak disarankan, karena didalam gua sangat gelap.

Baca juga : Menikmati Panorama Lembah Harau Sumbar

Selain karena keindahan yang ditawarkan, tak sedikit wisatawan yang memiliki alasan lain kenapa tertarik mengunjungi gua ini. Terlepas dari keindahannya, berkunjung ke gua ini juga menyimpan tantangan tersendiri. Jadi bagi mereka yang suka dengan petualangan, tempat ini merupakan lokasi berlibur yang ideal. Sebab, untuk mencapai gua ini diperlukan perjalanan yang lumayan panjang, dari perkampungan penduduk.

Keindahan alam sekitar dan aktivitas wisata di Gua Rangko

Saat berada di obyek wisata ini, Anda tak hanya disuguhi keindahan isi goa saja. Daya tarik lain yang juga layak dinikmati adalah Pulau Gusung. Pulau ini sebenarnya hanyalah gundukan pasir. Tidak ada tumbuhan atau pohon sama sekali. Dan menariknya, pulau Gusung ini hanya terjadi pada saat air surut. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah di pagi hari. Biasanya, para wisatawan berebut untuk mengambil gambar dengan latar Pulau ini. Bukan hanya bisa dijadikan tempat ber-selfie, melakukan hobi snorkeling atau diving di sekitar pulau ini juga merupakan ide yang bagus.

sumber squarespace.com

Akses menuju ke obyek wisata goa Rangko

Untuk menuju ke Desa Rangko tempat dimana Goa Rangko berada, dari Labuan Bajo dibutuhkan sekitar 45-60 menit. Anda dapat menggunakan mobil atau sepeda motor untuk menjangkaunya. Dan setelah Anda mencapai Desa Rangko, Anda dapat menggunakan perahu untuk menuju pantai. Oya, kami sarankan, anda datang ke obyek wisata ini saat musim kemarau saja. Sebab saat musim penghujan tiba, akses disana cukup sulit, karena jalannya bergelombang serta licin. Sebagai alternatif, Anda dapat melewati jembatan dengan berjalan kaki. Namun tentunya, perlu waktu lebih banyak dan tentunya juga butuh energi yang cukup.

Penginapan Di Gua Rangko Labuan Bajo

Untuk anda yang dari luar kota, jangan khawatir. Tersedia banyak penginapan di Labuan Bajo. Atau bisa juga anda bertanya pada penduduk setempat, biasanya ada beberapa penduduk yang sengaja menyewakan kamar untuk para wisatawan.

Hal menariknya, warga di desa Rangko sangat ramah terhadap para pengunjung atau wisatawan. Jadi anda tak perlu khawatir, bahkan anda pun bisa belajar bahasa atau budaya mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *