Kampung Eropa Payakumbuh – Review Lengkap

Kampung Eropa Payakumbuh – Lembah Harau yang dulu merupakan pemandangan alam dan hanya diisi dengan pepohonan, kini telah bertransformasi dan beradaptasi mengikuti perkembangan trend dunia pariwisata. Lokasi wisata ini kini hadir dengan wahana baru yaitu Harau Dream Park.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @ilhamiramadenta

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal bagi warga lokal saja, tetapi wisatawan yang datang dari luar Sumatera Barat juga banyak yang mengunjungi lokasi ini dengan menggunakan jasa paket wisata Minangkabau Tour yang biasanya berlangsung selama 3 Hari 2 Malam.

Baca Juga :
Menikmati Indahnya Air Terjun Lembah Anai
6 Gili Terindah di Pulau Lombok

Lalu apa saja sih yang ada di tempat wisata Kampung Eropa yang ada di Lembah Harau Payakumbuh ini.? Kok tempat ini bisa sampai terkenal dan ramai dengan pengunjung ya.? Yuk kita simak pembahasannya.

Lembah Harau Itu Apa.?

Lembah Harau adalah sebuah ngarai yang terletak di dekat kota Payakumbuh tepatnya di kabupaten Limapuluh Koto, Sumatra Barat. Lembah ini berada diantara dua bukit cadas terjal yang memiliki ketinggian lebih kurang 150 meter dan berupa bebatuan pasir. Selain Kampung Eropa, di sini juga terletak cagar alam dan taman margasatwa.

Ig : @tomybudiarto

Baca Juga :
Indahnya Panorama Alami Lembah Arau

Berapa Jam dari Padang ke Lembah Harau.?

Jika Anda merupakan wisatawan yang datang dari luar Sumatera Barat khususnya yang menggunakan pesawat, Anda harus memulai perjalanan dari kota Padang terlebih dahulu. Karena di situlah letak bandaranya. Perjalanan dari kota Padang ke Lembah Harau memakan waktu sekitar 3 – 4 jam perjalanan darat dengan jarak sekitar 140 sampai 150 Kilometer.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @haraudreampark

Lokasi Kampung Eropa Payakumbuh

Wahana wisata yang termasuk ke dalam kawasan Harau Dream Park ini sendiri terletak di Kampuang Sarosah, atau Kampung Sarosah. Persisnya di Jorong Lubuak Limpato Jorong Lubuak Limpato, Tarantang, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Jaraknya sekitar 16 KM dari kota Payakumbuh dan biasanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 29 menit atau sekitar setengah jam dengan kecepatan mobil normal.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @inaaauril

Ada Apa Saja di Kampung Eropa Payakumbuh.?

Replika Bangunan Eropa

Sesuai dengan namanya, kawasan wisata ini memiliki banyak bangunan bernuansa eropa yang terkenal. Memang bangunan – bangunan tersebut hanya sebatas miniatur yang berskala cukup besar, artinya Anda hanya bisa berfoto d luar bangunan saja, dan juga tidak landmark semua negara eropa yang dihadirkan di sini, namun tenang saja, tempat ini tetap instagramable dan jadi tempat foto favorit pagi pengunjung.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @itsbheart
Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @fhiii_yhaa09

Tidak sedikit pengunjung yang menghabiskan waktu untuk berfoto bersama teman – temannya, keluarganya, ataupun selfie bagi yang jomblo.
Beberapa replika ikon negara Eropa yang hadir di sini adalah menara Eifel Prancis, Kincir Angin Belanda, Big Ben dan Stonehenge Inggris, dan juga bangunan – bangunan penduduk khas negara Eropa.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @siian_nisa
Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @haraudreampark
Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @monike_putri

Balon Udara

Di sini juga ada wahana balon udara yang bisa Anda naiki. Ya meskipun balon udaranya tidak terbang, namun wahana ini tetap bisa jadi tempat berfoto yang instagramable di sini.

Kampung Eropa Payakumbuh
Ig : @haraudreampark

Sepeda Gantung

Jika Anda pernah melihat foto sepeda gantung atau zip line bike di instagram, nah di sini juga tersedia wahana tersebut. Anda bisa berfoto sendiri atau bersama keluarga di sini.

Ig : @arielladesri15

Suasana Alami

Lokasi wisata ini yang terletak di kawasan lembah membuat tempat ini terasa sejuk dan jauh dari polusi udara. Sehingga selain menikmati suasana eropa, Anda juga bisa merasakan sejuknya udara lembah diantara pegunungan.

Ig : @putraadesyah90
Ig : @hardi_fl10

Wahana Menarik Lainnya

Tidak hanya bangunan – bangunan yang memiliki nuansa eropa, ada banyak wahana wisata lainya yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman, yang jomblo sabar ya. Beberapa di antaranya adalah, panahan, flying fox, dan juga naik sampan. Jadi Anda tidak perlu khawatir merasa bosan ketika mengunjungi tempat ini.

Ig : @daraibentaro
Ig : @haraudreampark
Ig : @putty_mayangsari

Fasilitas Umum di Kampung Eropa Payakumbuh

Seperti halnya wahana wisata lainnya, Kampung Eropa di Payakumbuh ini juga menyediakan fasilitas umum untuk mempermudah para pengunjung. Fasum yang disediakan terbilang lengkap dan bisa memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa fasilitas umum yang disediakan di sini adalah

  • Toilet
  • Gazebo untuk beristirahat
  • Musholla
  • Food Court untuk membeli makanan
  • Tempat parkir
  • Taman, dan fasilitas umum lainnya.

Rekomendasi Penginapan di Sekitar Kampung Eropa Payakumbuh

Bagi pengunjung yang menggunakan layanan paket wisata tour Minangkabau tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Pihak penyedia tour biasanya sudah mengatur jadwal sehingga Anda bisa menginap di Bukittinggi atau di tempat penginapan yang sudah disipakan.

Nah, bagi Anda yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, ada cukup banyak penginapan yang tersedia di sekitar Lembah Harau. Beberapa di antaranya adalah :

Orau Inn Homestay

Biaya : Rp. 377.000,- per malam
Jarak Ke Kampung Eropa : 3,8 Km
Rating Agoda : 9,4

Selengkapnya Di Sini

Entra Lodge

Biaya : Rp. 228.000,- per malam
Jarak Ke Kampung Eropa : 8,2 Km
Rating Agoda : 9,3

Selengkapnya Di Sini

Roemah Abdoe

Biaya : Rp. 330.000,- per malam
Jarak Ke Kampung Eropa : 650 Meter
Rating Agoda : 9,5

Selengkapnya Di Sini

Harau View Homestay

Biaya : Rp. 360.000,- per malam
Jarak Ke Kampung Eropa : 650 Meter
Rating Agoda : Belum Ada

Selengkapnya Di Sini

Berapa Harga Tiket Masuknya.?

Kampung Eropa Payakumbuh berada di dalam wahana wisata Lembah Harau. Jadi untuk masuk ke wahana tersebut Anda harus telebih dahulu masuk ke kawasan wisata Lembah Harau Payakumbuh.

Ig : @maulinrahmagita
Ig : @aestetika_

Jika diperinci, biaya yang Anda butuhkan untuk masuk ke Kampung Eropa ini adalah sebagai berikut :

  1. Tiket Masuk Harau Payakumbuh : Rp. 5.000,- per orang
  2. Tiket Masuk Kampung Sarosah : Rp. 5.000,- per orang
  3. Tiket Masuk Kampung Eropa : Rp. 15.000,- per orang

Jadi total biaya masuk yang harus Anda siapkan adalah Rp. 25,000,- per orang. Perlu diingat bahwa pihak pengelola bisa merubah besarnya biaya tersebut sewaktu – waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Siapkan dan yang lebih agar Anda tetap bisa masuk kawasan ini.

Itu tadi ulasan kami tentang tempat wisata di Sumatera Barat yang bernama Kampung Eropa. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi tempat wisata bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana akhir pekan ini.

Jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman – teman ya.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini hingga tuntas. Jika Anda masih memiliki waktu luang, silahkan baca tulisan kami lainnya :

Baca Juga :
32 Rekomendasi Tempat Wisata di Bukittinggi

Incoming search terms:

  • BERAPA JAM DARI PADANG KE LEMBAH HARAU