Kampung Ujung Labuan Bajo – Wisata Kuliner Paling Favorit Saat Berlibur Ke Pulau Komodo

Kampung Ujung Labuan Bajo – Selain menikmati keindahan pulaunya yang eksotis, liburan ke Labuan Bajo tidak akan lengkap tanpa mencicipi hidangan lautnya yang khas. Untuk itu, kamu wajib mencoba wisata kuliner di tempat yang satu ini.

Hasil tangkapan laut yang segar tiap harinya dari para nelayan di Labuan Bajo dapat dinikmati wisatawan. Apalagi penjual memberi kebebasan langsung kepada pengunjung untuk memilih sendiri jenis ikan yang akan dikelola.

Sembari menyantap seafood di Kampung Ujung Labuan Bajo, kamu pun dapat menyaksikan pemandangan nan elok dari matahari yang terbenam. Wisatawan domestik maupun mancanegara selalu ramai mengunjungi tempat makan favorit di Labuan Bajo ini.

Baca Juga :
Sebelum ke Pulau Padar Labuan Bajo, Baca Ini Dulu!
Menjelajahi Goa Batu Cermin di Labuan Bajo

Sebelum mengunjungi surga kuliner di Labuan Bajo ini, simak dulu informasi selengkapnya ya.

Daya Tarik Kampung Ujung Labuan Bajo

Ada dua hal yang menjadi primadona dari wisata di Pantai Kampung Ujung yaitu wisatawan dapat menikmati hidangan laut yang segar dan keindahan matahari yang terbenam. Keduanya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kamu akan mendapati beragam tempat makan di Kampung Ujung Labuan Bajo yang menjual jenis hidangan lezat. Tempat kuliner ini baru dibuka mulai dari jam 5 sore waktu setempat.

Tapi, biasanya pengunjung baru mulai ramai berdatangan sekitar jam 6 sore sampai jam 7 malam. Jadi, sebelum itu, kamu bisa bepergian ke lokasi menarik lainnya yang berada di Labuan Bajo.

Sebagai penutup perjalanan, untuk menyaksikan matahari terbenam di Labuan Bajo sambil ditemani masakan khas Indonesia bagian timur, Kampung Ujung menjadi destinasi yang tepat. Pastikan tiba di waktu sebelum ramai pengunjung sehingga kamu mendapatkan tempat.

Menikmati Seafood yang Lezat

Disambut dengan hangat oleh penjaja makanan, kamu juga diberikan kesempatan untuk bebas memilih jenis hidangan laut yang ingin dikelola. Pilihan menu mulai dari kepiting, ikan kerapu, udang, kerang, cumi dan bahkan lobster yang dijamin dalam keadaan segar.

Baik dibakar atau digoreng, bumbu yang melekat pada pilihan hidangan laut pilihanmu akan menggugah napsu makan. Sambal yang pedas disertai lalapan juga siap mendampingi. Minuman jus dari buah segar pun siap melegakan dahaga.

Satu hidangan tambahan yang wajib masuk dalam daftar menu kuliner di Kampung Ujung yaitu ikan kuah asam. Kuahnya yang berwarna kuning memiliki cita rasa asam nan unik dari rempah-rempah sekaligus memberi kesegaran pada mulut.

Kamu pun bisa memilih sendiri jenis ikan apa yang akan dikelola dengan bumbu khas kuah asam ini. Pilihannya antara lain ikan bawal, kerapu dan kakap.

Kesegaran ikan dan jenis tangkapan laut lainnya yang ditawarkan di Labuan Bajo dijamin berbeda. Dagingnya yang empuk menandakan betapa kayanya nutrisi dari ikan-ikan tersebut.

Ikan-ikan yang tidak laku terjual di hari tersebut biasanya dikelola lagi menjadi ikan asin. Jadi, ikan yang ditangkap oleh para nelayan di laut ini tidak akan mubazir.

Menu dan Harga yang Ditawarkan di Kampung Ujung Labuan Bajo

Untuk harga yang ditawarkan di tiap menu lezat di Kampung Ujung cukup beragam dan masih tergolong ramah di kantong. Harga ikan satu ekor berkisar mulai dari Rp50.000 sampai Rp60.000. Harga bisa berubah-ubah tergantung ukuran ikannya sebesar apa.

Kamu pun harus tahu penjual jus buah dan sayuran di Kampung Ujung membandrol harga dengan cukup fantastis. Harganya mulai dari Rp30.000 hingga mencapai Rp70.000.
Ini bukan tanpa sebab karena olahan jus benar-benar kental dengan sedikit air. Harga tidak bohong dengan kualitas jus yang kamu minum nantinya.

Pastikan pula saat memesan, kamu telah menanyakan harga untuk masing-masing hidangan laut. Jadi, jika dirasa kemahalan, kamu bisa melakukan tawar-menawar dengan penjual.

Kebanyakan wisatawan biasanya akan memesan menu udang dan ikan kerapu. Tapi, kamu juga bisa memesan hidangan ayam, bebek, gorengan dan sayur untuk menambah varian menu makan malam.

Karena proses memasak hidangannya membutuhkan waktu, pastikan kamu tetap bersabar menanti. Ini khususnya berlaku saat kondisi sedang ramai oleh pengunjung di akhir pekan atau musim liburan.

Akses Kampung Ujung Labuan Bajo

Lokasi kuliner Kampung Ujung Labuan Bajo tidaklah sulit untuk dijangkau. Bertempat di dekat Pelabuhan Labuan Bajo, kamu akan mudah menemukannya bersamaan dengan pemandangan kapal-kapal yang berjejer rapi.

Kampung Ujung yang dikenal dengan pusat kuliner malam di Labuan Bajo bisa didatangi mulai dari sore sampai dini hari. Di sini, kamu bisa menenangkan diri sambil menikmati semilir angin laut dan pemandangan lampu kapal di antara kegelapan.

Kenyamanan di Kampung Ujung pun terjamin dan bikin betah berlama-lama. Semenjak Labuan Bajo masuk dalam daftar destinasi wisata prioritas di Indonesia, pengelolaan Kampung Ujung lebih tertata dan bersih.

Tempat Pelelangan Ikan

Selain pusat kuliner, Kampung Ujung juga memiliki salah satu objek tambahan yang bisa dikunjungi wisatawan. Adalah Tempat Pelelangan Ikan yang dibangun sejak tahun 2018.

Lokasinya pun berdekatan dengan dermaga. Fasilitasnya pun lengkap dengan adanya Anjungan Tunai mandiri (ATM). Jadi, tidak perlu khawatir sulit mencari uang tunai.

Tersedia pula area lapangan parkir yang luas dan aman. Akses toilet dan tempat beribadah mushola pun telah disiapkan. Fasilitas lainnya yang bisa kamu temukan di Kampung Ujung adalah tempat penginapan.

Momen Berfoto

Puas dengan sajian kuliner lezat yang menggiurkan, momen berfoto pun tidak boleh sampai terlewatkan. Berlatar belakang dermaga dan matahari yang terbenam, kamu dapat mengambil foto siluet.

Hasilnya tidak kalah bagus dengan destinasi wisata di Labuan Bajo lainnya. Pemandangan aktivitas warga Labuan Bajo sebagai nelayan dan penjual hidangan laut pun bisa menjadi sasaran objek foto sebagai koleksi.

Kamu pun bisa berlama-lama di Kampung Ujung sampai dini hari untuk mengobrol bersama keluarga, sahabat atau bahkan wisatawan lainnya yang akan ditemui di sana. Ditambah lagi peluangmu untuk bertemu turis asing terbuka luas di Kampung Ujung.

Tiket Masuk

Pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk ke Kampung Ujung. Tapi, sistem pembayaran yang berlaku di pusat kuliner Kampung Ujung cukup unik.

Alih-alih dengan uang tunai, transaksi pembayaran menggunakan kupon kertas dengan nominal Rp20.000, Rp50.000 dan Rp100.000. Kamu perlu menukar uang tunai di kasir terlebih dulu untuk memperoleh kupon pembayaran tersebut.

Kupon hanya berlaku untuk bertransaksi di hari kamu berkunjung ke Kampung Ujung. Kalaupun kupon tidak digunakan semua atau ada nominal yang tersisa, kamu dapat menukarkannya kembali dengan uang tunai.

Baca Juga :
Kampung Eropa Payakumbuh – Review Lengkap
10 Tempat Wisata di Lombok Barat Yang Instagramable

Membayangkan kuliner hidangan laut yang jelas segar dari hasil tangkapan nelayan, benar-benar membuat penasaran bukan? Ditambah lagi kamu akan mendapatkan pengalaman tambahan saat berinteraksi dengan warga lokal.

Kekayaan alam laut dan keindahan pemandangan langit senja jelas tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. Ayo, siapkan dirimu untuk liburan sambil kuliner di Kampung Ujung Labuan Bajo. Selamat menikmati!