Menikmati Panorama Lembah Harau Sumbar

Lembah Harau Sumbar – Lembah Harau merupakan suatu destinasi alam yang terbentuk sebagai akibat dari adanya patahan dan masih merupakan bagian dari Cagar Alam Lembah Harau yang berada di dataran tinggi, dengan kisaran 500 meter hingga 850 meter dpl. Dan perlu diketahui, lembah Harau ini bukanlah lokasi wisata yang baru, karena bahkan sejak zaman penjajahan, lembah ini menjadi tempat favorit orang-orang Belanda.

lembah harau sumbar
Photo by @harau_camp

Hal ini dibuktikan dengan keberadaan prasasti yang menyebutkan bahwa tempat ini disebut sebagai Hemel Arau, yang oleh orang Belanda bahkan diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1926. Prasasti ini terletak di sekitar air terjun Sarasah Bunta.

Bukan hanya air terjun Sarasah Bunta saja yang bisa Anda lihat di Lembah Harau ini, tetapi masih ada 3 air terjun lainnya yaitu Air Terjun Sarasah Murai, Air Terjun Akar Berayun dan Air Terjun Sarasa Aie Luluih. Dan tentunya masing-masing air terjun memiliki keunikan masing-masing.

Baca juga : Obyek Wisata Lembah Anai yang Cantik dan Penuh Pesona

Seperti Air Terjun Sarasah Bunta yang mengalirkan air tawar yang berunta-unta dengan indah. Air Terjun Sarasah Murai yang sering dijadikan sebagai tempat mandi oleh burung murai, Air Terjun Akar Berayun dengan legendanya yang menceritakan bahwa dulu Cagar Alam Lembah Harau Sumbar adalah laut dan Air Terjun Sarasah Aie Luluih yang airnya mengalir melewati dinding batu dimana di bawahnya terdapat kolam sebagai tempat mandi.

Photo by @harau_camp

Karena lokasi ini berupa lembah, otomatis begitu Anda berada di dalamnya, Anda seolah-olah dikelilingi oleh benteng batu yang berwarna kemerahan yang kokoh, dengan ketinggian yang mencapai 200 meter. Lembah Harau juga terdiri dari 3 kawasan wisata yang meliputi Resort Rimbo Piobang, Resort Sarasah Bunta dan Resort Akar Barayun.

Resort Sarasah Bunta memiliki 5 buah air terjun dimana penampungan airnya masih tampak alami. Sedangkan di Resort Akar Berayun hanya ada 1 air terjun tetapi disini juga terdapat kolam renang yang masih asri.

Di resort ini menjadi tempat favorit bagi para pencinta olahraga panjat tebing dengan dinding curamnya yang mencapai 90 derajat dengan ketinggian yang bahkan mencapai 150 meter hingga 200 meter. Dan bagi Anda yang ingin melepaskan rasa kesal dengan cara berteriak, Resort Akar Barayun juga menjadi tempat yang pas karena disini juga terdapat titik yang bisa memantulkan suara atau echo.

Lokasi dan Cara Menuju ke Lembah Harau

Lembah Harau ini adalah lembah subur yang terletak di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah ini berada pada jarak kurang lebih 138 kilometer dari Kota Padang dan kurang lebih hanya 2 kilometer dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan jika diukur dari Kota Bukittinggi, jaraknya kurang lebih 47 kilometer, dan jika diukur dari Kota Payakumbuh kira-kira sejauh 18 kilometer.

Photo by kamparsky.id

Untuk bisa sampai ke lembah yang cantik ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan sewa kereta dari Padang ataupun kendaraan umum.

Fasilitas

Sebagai lokasi wisata yang mendapatkan cukup banyak pengunjung, tentu Lembah Harau sangat potensial untuk dikembangkan. Pengembangan ini dilakukan dengan menambahkan fasilitas-fasilitas yang bisa membuat pengunjungnya betah dan merasa nyaman. Nah, berbagai fasilitas yang ada di lokasi wisata Lembah Harau antara lain:

  • Penginapan yang berupa rumah gadang dan pondok kecil (homestay) dengan harga yang bervariasi dengan hitungan per malam
  • Penginapan yang berupa resort
  • Pemandu untuk olahraga panjat tebing ataupun tracking
  • Warung yang menjual aneka makanan dan minuman
  • Kolam pemandian
  • Tempat camping atau berkemah
  • Jalan setapak yang bisa digunakan untuk hiking sekitar lembah
  • Guide yang dibayar harian

Sedangkan mengenai harga tiket yang harus Anda bayarkan jika ingin masuk ke lokasi wisata ini sangatlah murah, yakni Rp 5.000,- per orang untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak harganya adalah Rp 3.000,- per anak. Sangat murah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *