Menjelajahi Keindahan Gua Batu Cermin di Labuan Bajo

Keindahan Gua Batu Cermin – Bukan rahasia lagi bila banyak sekali tempat wisata yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, beberapa diantaranya terletak di Labuan Bajo. Dan bicara mengenai obyek wisata yang ada di Labuan Bajo, tentu saja obyek wisata Gua Batu Cermin, tak boleh ketinggalan.

Gua Batu Cermin merupakan sebuah gua atau terowongan yang ada di bukit berbatu yang gelap di Labuan Bajo. Luas Gua Batu Cermin kurang lebih sekitar 19 hektar dengan ketinggian kurang lebih 75 meter. Nah, penasaran seperti apa keindahan isi dalam gua ini?

Sekilas tentang Gua Batu Cermin

Lokasi tepat Gua Batu Cermin adalah di Desa Wae Sambi dan membutuhkan waktu 20 menit dari Bandara Komodo. Juga, milik Kabupaten Manggarai Barat. Diberi nama Gua Batu Cermin karena saat sinar matahari masuk ke gua dan merefleksikan beberapa bagian gua, sehingga tampak seperti cermin. Bahkan stalagmit dan stalaktit akan memantulkan cahaya yang berasal dari senter pengunjung.

keindahan gua batu cermin
sumber adventuretourtravel.blogspot.com

Gua Batu Cermin juga dilengkapi dengan terowongan kecil, jadi Anda perlu membungkuk ketika masuk ke dalamnya. Belum lagi beberapa bagian gua yang cukup gelap. Dengan hal-hal ini dalam pikiran, lebih baik untuk datang ke gua pada siang hari. Saat matahari bersinar terang, maka sinarnya bisa masuk ke lubang gua dan merefleksikan kolam dengan indah.

Keindahan Gua Batu Cermin

Di dalam gua tidak terlalu gelap, karena cahaya matahari masuk ke dalam gua dengan mudah. Bicara soal struktur Gua Batu Cermin, gua ini terbentu dari stalaktit maupun stalagmit. Fitur-fitur ini terlihat cukup megah seolah-olah Anda hidup di Zaman Batu.

Fitur menarik lainnya tentang keindahan gua batu cermin adalah fosil makhluk laut yang ditambal di dinding gua. Belum lagi ada beberapa terumbu karang yang terletak di beberapa bagian gua. Sebenarnya, nuansa yang tenang juga menjadi keindahan yang penting dari gua ini.

sumber blog.reservasi.com

Menjelajahi Gua Batu Cermin

Baru-baru ini, Gua Batu Cermin menjadi populer di kalangan para wisatawan asing. Ini berkat fitur uniknya. Jarak dari pemukiman terdekat dan mulut gua adalah 300 meter, sehingga dibutuhkan sedikit berjalan untuk mencapai lokasi. Seorang pemandu wisata dapat menemani wisatawan menjelajahi Gua Batu Cermin.

Untuk menikmati keindahan gua batu cermin anda bisa menyewa pemandu dan tidak membutuhkan uang yang banyak, selama Anda tahu cara menawar. Selain sebagai pemandu, ia juga menjadi sumber informasi Anda mengenai sejarah gua. Secara keseluruhan, biaya tersebut cukup pantas dengan apa yang Anda dapatkan.

Sejarah Gua Batu Cermin

Menurut sejarah, Gua Batu Cermin ditemukan oleh Theodore Verhoeven, seorang arkeolog Belanda. Ia mengatakan gua itu terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu, ketika ia menemukan beberapa fosil kuno di dalamnya. Ia bahkan percaya gua itu ditemukan oleh penduduk setempat sebelumnya.

Dengan nilai historis dari gua ini, membuat lebih banyak wisatawan yang tertarik datang ke Labuan Bajo. Mereka juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan air berkilauan di dalam gua secara langsung. Karena itu, Anda tidak boleh lupa membawa kamera.

sumber ocean916.wordpress.com

Akses menuju ke Obyek Wisata Gua Batu Cermin

Checkpoint yang utama adalah dari Kabupaten Nusa Tenggara Timur yaitu di Kota Kupang. Dari sana, Anda dapat meneruskan perjalanan panjang ke Manggarai Barat dan Labuan Bajo. Membutuhkan waktu hingga 30 jam karena jaraknya 903 km. Anda pun bisa mempersingkat waktu perjalanan dengan naik pesawat terbang menuju ke Bandara Labuan Bajo. Setelah Anda mencapai Kota Labuan Bajo, tujuan terakhir Anda adalah Desa Wae Sambi, di mana gua itu berada.

Bila perlu, sangat disarankan menyewa pemandu wisata saat menjelajahi lokasi ini serta saat masuk ke gua. Nah, selamat berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *