Obyek Wisata Lembah Anai yang Cantik dan Penuh Pesona

Obyek Wisata Lembah Anai – Sumatera barat juga merupakan salah satu propinsi yang kaya akan obyek wisata. Salah satunya yang banyak diperbincangkan adalah Cagar Alam Lembah Anai. Obyek wisata ini terletak di hutan hujan tropis di antara kota Padang dan Bukit Tinggi Sumatra Barat, tepatnya di kecamatan Sepuloh Koto, Kabupaten Tanah Datar Padang Panjang. Disini terdapat berbagai jenis tumbuhan langka, serta beragam habitat hutan yang dilindungi.

Obyek Wisata Lembah Anai
Photo by @nidaharyadii

Selain itu, di sini juga terdapat sebuah telaga yang airnya jernih dan tiga air terjun yang masih asli, Nah air terjun lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang mudah dijangkau karena letaknya yang berada di tepi jalan raya. Dua di antara tiga air terjun tersebut letaknya masih berada di tengah hutan yang lebat sehingga belum begitu dikenal oleh para wisatawan, khususnya wisatawan luar daerah.

Air terjun lembah Anai ini menjadi maskot pariwisata di Sumatra Barat. Air terjun ini biasa dipanggil dengan julukan Aia Tajun atau Aia Mancua Lembah Anai. Air terjun dengan ketinggian 35 meter ini berada di bagian barat Cagar Alam Lembah Anai dan merupakan bagian dari aliran sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang. Tidak jauh dari tempat air terjun ini, ada aliran sungai besar berbatu di mana di atasnya terdapat lintasan jembatan rel kereta api peninggalan Belanda.

Rute Menuju Obyek Wisata Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai ini berjarak 60 kilometer dari kota Padang. Anda dapat menempuh perjalanan menuju obyek wisata tersebut dengan jalur darat yakni dengan menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan, kereta api atau pun angkutan umum (bus).

Jika anda memilih untuk menggunakan angkutan umum, maka anda dapat memulai perjalanan anda dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju kawasan Cagar Alam Lembah Anai selama kurang lebih 1,5 jam dengan biaya sekitar 20.000 sampai 25.000 per orang. Namun jika anda masyarakat Sumatra Barat, anda bisa memulai perjalanan anda dari terminal Bukittinggi kemudian naik bus dengan biaya sekitar 15.000 sampai 20.000 per orang.

Baca juga: Berlibur Seru dan Asyik ke Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Jika anda memilih menggunakan kereta api, maka anda dapat memilih untuk melakukan perjalanan pada hari minggu, karena kereta api ini hanya beroperasi pada hari itu saja. Untuk kelas eksekutif anda akan dikenakan biaya sekitar 25.000 per orang untuk tiket pulang pergi, sedangkan untuk kelas ekonomi, anda cukup dikenakan biaya sekitar 15.000 saja per orang.

Atau Anda juga bisa menggunakan jasa rental mobil Padang agar perjalanan Anda bisa menjadi lebih mudah.

Photo by @andrian_pamula

Ketika anda sudah memasuki lembah anai, maka anda dapat masuk ke tempat wisata tersebut dengan membeli tiket masuk yang relatif murah, yakni sekitar 2.500 saja per orang. Nah, untuk bisa berada di dekat air terjun dan menyaksikan pesona air terjun lembah Anai, maka anda harus berjalan lagi dan mendaki beberapa buah anak tangga dan melewati beberapa gazebo yang biasa digunakan untuk tempat beristirahat.

Fasilitas dan Akomodasi di Lembah Anai

Jika anda pergi ke tempat wisata lembah Anai ini, anda tidak perlu bingung mencari tempat makan. Ada banyak warung di sepanjang jalan yang menjual aneka makanan dan minuman yang dapat anda beli untuk mengisi perut anda. Selain itu anda juga dapat membeli oleh-oleh makanan khas tempat ini di warung tersebut. Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, maka di tempat ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan anda.

Obyek Wisata Lembah Anai
Photo by @tomybudiarto

Biasanya ketika menyaksikan air terjun, anda pasti akan terkena guyuran air entah itu dalam kondisi sengaja karena bermain air di sekitar air terjun tersebut atau pun dalam kondisi tidak sengaja. Nah, di sini juga disedikan fasilitas kamar mandi untuk membersihkan tubuh anda dan mengganti pakaian anda yang basah sebelumnya. Bagi anda yang ingin melakukan kegiatan camping, di tempat ini juga ada area khusus untuk berkemah yang pastinya kegiatan tersebut tidak mengganggu pengunjung yang lain. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *