Pantai Selong Belanak Lombok Tujuan Wisata Favorit

Pantai Selong Belanak – Saat mendengar kata Lombok, kebanyakan dari kamu pasti akan langsung mengingat Gili Trawangan. Padahal keindahan Pulau Lombok tidak hanya melulu tentang pulau kecil satu ini. Keindahan Pantai Selong Belanak juga wajib kamu lihat jika kamu mengunjungi Pulau Seribu Masjid ini.

Bagi kamu yang belum familiar dengan Pantai indah di Lombok ini, kamu tidak usah khawatir. Artikel ini akan mengupas secara tuntas mengenai pesona Pantai Selong Belanak dan beberapa info menarik lainnya. Berikut adalah ulasannya:

Daya Tarik Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang membentang sepanjang 1 km. Saking panjangnya, pantai ini terbagi menjadi dua yaitu pantai bagian utara dan pantai bagian selatan. Pantai bagian selatan merupakan tempat pemukiman bagi masyarakat lokal yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sedangkan pantai bagian utara digunakan untuk menerima para pengunjung yang menikmati keindahan pantai. Ciri khas Pantai Selong Belanak adalah pasirnya putih dan halus yang teksturnya hampir sama seperti tepung. Hal ini membuat kamu betah berlama-lama di pantai ini hanya untuk duduk dan bermain pasir.

Pantai Selong Belanak Lombok

Ciri khas lain dari Pantai ini adalah bentuk pantainya yang panjang dan menyerupai bulan sabit. Kamu bisa melihat bentuknya yang melengkung dari salah satu sudut jalan menuju pantai di atas bukit. Ini tentu bisa menambah daya tarik Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak Lombok

Hal lain yang membuat cantik pantai ini adalah air lautnya yang biru dan jernih. Memandangi lautan biru diselingi dengan angin pantai yang sejuk, tentu saja sangat menyenangkan. Ditambah lagi dengan hamparan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai, bisa membawa ketenangan bagi siapapun yang melihat.

Baca Juga :
10 Tempat Wisata Di Lombok Barat Yang Instagramable Banget
6 Gili Terindah di Pulau Lombok

Keindahan Pantai Selong Belanak tidak hanya mampu mengundang wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara. Biasanya pada saat weekend, Pantai ini akan sangat ramai dipenuhi oleh turis-turis. Kalau kamu tidak suka keramaian, kamu bisa datang ke sini pada hari-hari biasa.

Pada sore hari, kamu bisa melihat beberapa orang sibuk menggembala kerbau-kerbau mereka di bibir pantai. Hal ini tentu saja menambah cita rasa lokal yang mungkin tidak bisa kamu lihat di pantai yang lain. Dan pastinya, pemandangan seperti ini sangat layak untuk diabadikan di kamera kamu.

Lokasi Pantai Selong Belanak

Sesuai namanya, lokasi Pantai Selong Belanak tepat berada di Desa Selong Belanak. Desa ini merupakan bagian dari Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Jarak dari kota Mataram sekitar 50 km dan bisa ditempuh selama 1,5 jam dengan mobil.

Perjalanan kamu menuju wisata ini tidak akan membosankan karena di sepanjang jalan kamu bisa melihat bukit dan pepohonan yang hijau. Kamu juga bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakat setempat yang tinggal di pesisir pantai. Jalanannya pun relatif bagus karena sudah beraspal.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Selong Belanak

Pantai ini bisa dibilang merupakan pantai pendatang baru di jajaran pantai populer di Lombok. Tetapi kamu tidak usah ragu untuk mengunjungi pantai ini karena fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai.

Pantai ini memiliki area parkir yang cukup luas. Di sini juga dilengkapi dengan toilet yang cukup bersih dan bisa kamu gunakan untuk mengganti pakaian setelah berenang dan berselancar. Kamu juga bisa menyewa papan surfing dan alat snorkeling di tempat-tempat yang sudah disediakan.

Masyarakat Desa Selong Belanak banyak mendirikan warung-warung untuk menghilangkan rasa lapar dan haus kamu. Makanan yang dijual pun adalah makanan khas Lombok seperti plecing kangkung, ikan bakar dan sate bulayak. Tambah sempurna jika kamu memesan es kelapa muda.

Aktivitas yang Bisa dilakukan

Beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai ini adalah:

Menikmati Sunset atau Matahari Terbenam

Banyak yang mengatakan kalau Pantai ini adalah tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Untuk menikmati matahari terbenam, waktu yang tepat untuk datang adalah pukul 16:00. Sembari menunggu, kamu bisa duduk sambil menikmati makanan dan minuman yang dijual di area pantai.

Jika kamu datang lebih awal dan matahari masih menyengat, jangan khawatir! Kamu bisa menyewa parasol atau payung pantai yang besar untuk melindungi kamu dari sinar matahari. Jangan lupa memakai tabir surya supaya kulit kamu tidak gosong!

Surfing atau Berselancar

Salah satu aktivitas seru dan bisa memacu adrenalin kamu di Pantai ini adalah surfing. Banyak warga lokal yang menawarkan kepada wisatawan paket kursus surfing. Meskipun pemula, kamu tidak usah takut untuk menikmati ombak di pantai ini.

Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai ini terkenal sebagai tempat yang nyaman untuk belajar surfing. Garis pantai yang panjang dan jarak bibir pantai yang lebar sekitar 15 meter bisa menambah keyakinan kamu untuk belajar surfing. Jadi jangan takut untuk mencoba, ya!

Prewedding

Buat kamu yang ingin membuat foto prewedding, Pantai Selong Belanak Lombok bisa menjadi spot favorit kamu. Berlatar perbukitan yang hijau, air laut yang biru jernih, serta hamparan pasir yang panjang tentu bisa mempercantik tampilan foto kamu dan pasangan kamu.

Tidak sedikit juga yang mengajak beberapa gerombolan kerbau yang melintas untuk meramaikan foto kamu. Dengan menambah barisan kerbau yang melintas pastinya foto prewedding kamu lain daripada yang lain.

Berenang dan Snorkeling

Air laut sekitar bibir Pantai cukup tenang. Hal ini tentu saja dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berenang. Pada saat weekend, kamu bisa melihat puluhan orang berenang di pantai ini.

Tidak hanya mengundang untuk merasakan kesegaran air lautnya, Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Kamu bisa menyewa snorkel on the spot atau membawa sendiri alat menyelam kamu.

Memancing Ikan

Bagi kamu yang memiliki hobi memancing ikan, kamu pasti akan senang mengunjungi Pantai ini. Selain bisa memancing ikan dari pantai, kamu juga bisa menyewa perahu untuk memancing dari tengah laut. Dengan menyewa perahu, kamu secara tidak langsung juga membantu masyarakat pesisir pantai.

Pantai Selong Belanak Lombok

Pengalaman lain yang bisa kamu dapatkan adalah ikut merasakan bagaimana masyarakat Desa Selong Belanak memenuhi kehidupan sehari-hari mereka. Kamu bisa ikut mencari rumput laut atau sekedar membenahi pancingan dan jala. Hal ini belum tentu bisa kamu dapatkan di pantai lain.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Selong Belanak dan Biaya Lainnya

Untuk masuk ke Pantai Selong belanak, kamu tidak akan dikenai biaya alias gratis. Kamu cukup membayar biaya parkir jika kamu datang menggunakan kendaraan pribadi kamu.

Untuk kendaraan roda dua biaya yang harus kamu bayar Rp. 5.000,00.

Sedangkan untuk roda empat, kamu membayar sebesar Rp. 10.000,00.

Jika kamu memutuskan untuk berselancar, kamu bisa menyewa sebuah papan selancar dengan harga Rp. 50.000,00. Dan biaya untuk menyewa guru selancar adalah Rp. 100.000,00. Biaya ini bisa berubah-ubah kapanpun, bergantung pada kebijakan pihak pengelola Pantai.

Baca Juga :
Mau Ke Pulau Padar di Labuan Bajo NTT.?
Menikmati Pesona Pulau Komodo dari Puncak Bukit Amelia yang Menghijau

Demikianlah ulasan mengenai Pantai Selong Belanak. Munculnya pantai ini sebagai spot wisata baru yang populer, tentu menambah panjang daftar pantai cantik dan menarik di Pulau Lombok. Jadi, kapan rencana kamu untuk mengunjungi Pantai ini?