Mau ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT.? Perhatikan Tips Penting Ini

Pulau Padar Labuan Bajo NTT – Hari gini siapa coba yang belum tau sama pulau Padar.? Berbeda dengan pulau kebanyakan yang biasanya menjadikan pantai sebagai daya tariknya, spot favorit dan titik pandang paling indah dari pulau Padar ini justru berada di puncak bukitnya – walaupun pantainya juga nggak kalah cantik dibanding pantai lainnya. Kontur tanah dari pulau ini memang hanya sekitar 10% yang berada selevel dengan pantai, sisanya adalah perbukitan perawan yang menjulang tinggi, tidak ada bangunan sama sekali dan benar – benar alami. Dari salah satu bukit inilah para pengunjung biasanya berfoto – foto dengan latar belakang hijaunya pulau Padar yang diselimuti langit biru dan 3 pantainya yang memiliki warnanya masing – masing dan. Yes, ada 3 pantai di pulau ini dan masing – masing memiliki warna pasir yang berbeda yaitu, putih, merah jambu, dan hitam. Bikin penasaran dan makin pengin ke sini kan.?

pulau padar labuan bajo ntt
Doc Pribadi

Pulau Padar Labuan Bajo NTT

Pesona alam Nusa Tenggara Timur belakangan ini memang jadi topik pembicaraan favorit di kalangan wisatawan lokal. Namun di kalangan turis mancanegara, alam NTT yang masih perawan, udaranya yang masih segar, dan penduduknya yang terkenal ramah sudah menjadi daya tarik wisata sejak lama. Bahkan ada yang rela traveling dengan cara “hitchiking” atau “menumpang”, eits tunggu dulu, mereka menumpang bukan karena tidak punya uang untuk menyewa mobil atau tempat tinggal, tetapi karena mereka ingin merasakan keramah – tamahan warga lokal dan mempelajari tradisi setempat.

Baca Juga : Paket Wisata Komodo 3D2N

pulau padar labuan bajo ntt
Doc Pribadi
pulau padar labuan bajo ntt
Doc Pribadi

Jadi Pulau Padar itu di mana.?

Pulau yang sudah diakui keindahannya oleh dunia ini terletak di Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di ujung barat pulau Flores. Karena termasuk kawasan Taman Nasional Komodo, satu – satunya cara ke pulau Padar adalah lewat Labuan Bajo. Untuk mencapai Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan pesawat dengan tujuan Bandara Komodo. Saat tulisan ini dimuat, beberapa bandara yang melayani penerbangan langsung ke Labuan bajo adalah dari Jakarta, Bali, Lombok, Makassar, dan Maumere. Untuk lebih jelasnya bisa cek di aplikasi pemesanan tiket kesayangan Anda.

Tips Berwisata ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT

pulau padar labuan bajo ntt
Photo by eastrip.co.id

Pulau ini tidak berpenghuni –saat tulisan ini di buat– topografinya juga kebanyakan bukit dan gunung vulkanik dengan kemiringan tanah yang cukup terjal. Sedangkan iklimnya kering dengan rumput – rumput dan semak – semak yang menutupi pulau, namun jarang sekali ada pohon yang rindang. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik dari Pulau Padar. Lokasinya yang berada di tengah laut dan memerlukan perjalanan laut sekitar 3 jam dari Labuan Bajo juga membuat persiapan untuk perjalanan ke Pulau Padar sedikit berbeda dengan perjalanan wisata biasa. Berikut adalah tips untuk melakukan perjalanan ke Pulau Padar.

  1. Pastikan Anda tidak mudah mabuk laut
    Untuk mencapai pulau Padar Labuan Bajo NTT, Anda harus menggunakan kapal yang memakan waktu perjalanan sekitar 3 jam dari pelabuhan Labuan Bajo. Jika Anda tidak terbiasa dengan ombak lautan dan cenderung menyerah ketika terombang – ambing diatas kapal, lebih baik gunakan speed boat. Meskipun masih terkena ombak, namun jika menggunakan speed boat waktu yang ditempuh bisa lebih singkat jadi sebelum mabuk laut Anda sudah berada di pulau Padar.
  2. Gunakan hiking gear
    Tidak harus menggunakan hiking gear yang lengkap, namun yang perlu diperhatikan adalah untuk mencapai puncak bukit di pulau Padar Anda harus melewati tanjakan yang cukup extrem. Namun cukup gunakan sepatu atau sandal yang tidak licin sehingga tidak mudah terpeleset. Meskipun sekarang sudah ada anak tangga untuk mencapai puncak, namun ada beberapa area yang masih tanah dan beresiko untuk terpeleset. Jangan sekali – kali gunakan sepatu hak tinggi atau high heels. Jika Anda memiliki tongkat hiking, bisa juga digunakan untuk menopang tubuh sehingga lebih mudah saat menanjak.
  3. Bawa payung
    Karena panas terik matahari dan hampir 100% pulau Padar ditutupi oleh padang rumput serta tidak ada pohon untuk berteduh, maka ada baiknya bawa payung atau topi saat berkunjung ke pulau ini.
  4. Ajak banyak teman
    Biaya untuk ke pulau Padar tidak lah murah, selain harus beli tiket pesawat Anda juga harus menyewa kapal dari Labuan Bajo. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa menyewa speed boat atau menyewa kapal untuk Anda sendiri. Namun jika budget terbatas, maka disarankan untuk ajak teman minimal 8 orang agar biaya sewa kapal bisa dibagi 8 jadi bisa lebih murah. Satu kapal paling kecil untuk perjalanan one day trip ke Pulau Padar bisa diisi maksimal 10 orang. Dan lagi, kalau rame – rame kan pasti jauh lebih seru dibanding sendirian kayak jomblo ngenes.he.he.
  5. Bawa minum yang cukup
    Panasnya cuaca di pulau Padar juga bisa membuat Anda dehidrasi. Jangan harap ada warung atau penjual makanan dan minuman di sana. Jadi siapkan makanan dan minuman yang cukup banyak untuk menghindari Anda dari dehidrasi.
  6. Bawa baju ganti
    Selain godaan pantai untuk bermain air, cuaca panas juga akan membuat tubuh Anda berkeringat. Baiknya siapkan baju ganti supaya badan Anda tidak bau dan perjalanan pun jadi lebih nyaman.
  7. Cari info open trip
    Sedikit info bagi Anda yang belum tahu apa itu open trip. Jadi open trip itu adalah sistem yang disediakan oleh guide lokal agar calon wisatawan tidak perlu repot lagi mencari 8 orang agar bisa ke Pulau Padar dengan biaya murah. Para guide lokal ini akan membuat jadwal open trip di hari – hari tertentu –biasanya weekend– dan mengumpulkan para calon wisatawan agar bisa memenuhi kuota satu kapal. Dengan jasa open trip ini biaya ke Pulau Padar bisa jauh lebih murah dan Anda tidak perlu repot lagi dengan urusan kapal.
  8. Siapkan mental
    Dan terkahir yang paling penting adalah siapkan mental Anda. Selain perjalan laut yang sedikit menantang karena jarak dan ombaknya, kemiringan tanah di pulau Padar juga menjadi tantangan tersendiri. Siapkan tenaga dan mental agar Anda bisa menikmati keindahan pulau Padar. Trust me, it’s worth it.
pulau padar labuan bajo ntt
Photo by eastrip.co.id

Biaya ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT

pulau padar labuan bajo ntt
Photo by eastrip.co.id

Banyak yang bilang biaya perjalanan ke pulau Padar Labuan Bajo NTT itu terlalu mahal, lebih murah liburan ke luar negeri. Well just to be fair, biaya ke pulau Padar itu memang tinggi, tapi kalau dibilang mahal tentu maka itu relatif. Jika Anda membandingkannya dengan liburan ke kota Kuala Lumpur dan Penang di Malaysia ataupun Singapore tentulah tidak fair. Tapi jika Anda membandingkannya dengan liburan ke Koh Phi Phi Island di Thailand atau Ha Long Bay di Vietnam biaya ke pulau Padar ini bisa sama atau bahkan lebih murah.

Mari kita coba rincikan keperluan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menuju pulau Padar Labuan Bajo NTT.

Pertama adalah biaya untuk menuju Labuan Bajo. Jika Anda berada di luar pulau Flores, cukup gunakan perjalanan darat untuk menuju Labuan Bajo, baik itu kendaraan pribadi ataupun umum. Jika Anda berada di pulau Sumbawa, Anda bisa menggunakan kapal Ferry dari pelabuahan Sape di ujung timur pulau Sumba. Namun jika Anda berada di luar dua pulau tersebut, gunakanlah moda transportasi pesawat. Sampai tulisan ini dibuat, bandara yang melayani penerbangan langsung ke bandara Komodo di Labuan Bajo adalah bandara Soeta di Jakarta, Ngurah Rai di Bali, dan Lombok Internasional Airprot di Lombok. Untuk besaran biayanya cukup bervariasi tergantung maskapai yang digunakan.

Photo by eastrip.co.id

Sedangkan yang kedua adalah biaya kapal. Harga sewa kapal di Labuan Bajo juga bervariasi tergantung dengan jenisnya. Jika Anda ingin melakukan one day trip ke pulau Padar, cukup gunakan kapal yang kecil tanpa kamar. Untuk harga sewanya biasanya mulai dari 1,5 juta per hari dengan kapasitas maksimal 10 orang. Dan jika Anda mau menambah sedikit, Anda juga bisa mengunjungi 2 pulau lain yang berdekatan yaitu pulau Kelor dan pulau Rinca. Murah kan.?

Doc Pribadi
Doc Pribadi

Dan yang ketiga adalah biaya penginapan di Labuan Bajo. Ada banyak jenis penginapan dan hotel di sekitaran Labuan Bajo, mulai dari yang penginapan ala backpacker dengan harga mulai dari 200ribuan rupiah, atau hotel mewah dengan biaya puluhan juta per malamnya.

Namun jika ingin lebih murah lagi, Anda bisa menggunakan jasa open trip yang biasanya ada setiap weekend. Kenapa lebih murah.? Open trip biasanya menawarkan paket perjalanan Living On Boat atau Sailing selama 3 Hari 2 Malam mengelilingi kawasan Taman Nasional Komodo. Anda tidak hanya menikmati keindahan pulau Padar, tetapi juga 8 hingga 9 pulau dan spot – spot lain yang tidak kalah indahnya seperti pulau Komodo, pantai Pink, pulau Kenawa, dan masih banyak lagi. Biaya yang dikenakan untuk open trip ini berkisar dari 2,5 juta/orang (All In diluar tiket pesawat) hingga puluhan juta tergantung dengan jenis kapal yang digunakan.

Lho kok lebih murah.? Daripada 2,5 juta kan lebih murah 1,5 juta.

Begini, dengan 1,5 juta Anda hanya bisa menikmati pulau Padar, dan kalau mau buru – buru maksimal 2 pulau lainnya yaitu pulau Kelor dan Rinca, belum lagi biaya makan dan penginapan di Labuan Bajo. Sementara dengan 2,5 juta Anda bisa menikmati lebih dari 9 pulau dan spot indah di Kawasan Taman Nasional Komodo, berpetualang selama 3D2N di atas kapal menelusuri lautan, dan menikmati hidangan khas ala pelaut.

Doc Pribadi

Oleh karena itu biaya tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan pengalaman yang bisa Anda dapatkan. Plus Anda juga tidak perlu lagi pusing dengan biaya penginapan, makan, transportasi dari dan ke bandara, biaya guide, dan biaya tiket masuk Taman Nasional Komdo.

Baca juga : Pesona Komodo dari Puncak Bukit Amelia

Gimana.? Sudah siap berpetualang ke Pulau Padar dan Taman Nasional Komdo.?

Jangan lupa share tulisan ini dengan pasangan atau teman – teman dekat Anda dan segera ajukan cuti sama – sama untuk bisa berlibur ke Pulau Padar. Trust me, it’s all wort it.