Berwisata Mengasyikkan ke Pulau Rinca, Habitat Kedua Kawanan Komodo

Pulau Rinca Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara yang masuk ke dalam zona Indonesia Tengah memang kaya akan gugusan pulau-pulau kecil nan cantik, tak terkecuali Pulau Rinca.

pulau rinca komodo

sumber instagram@liburankemanaya

Berwisata ke Pulau Rinca, Habitat Kedua Kawanan Komodo

Pulau Rinca lokasinya ada di bagian barat Pulau Flores, di antara keduanya mengalirlah Selat Molo. Perlu diketahui, pulau Rinca menjadi salah satu destinasi istimewa di Flores yang digemari wisatawan. Kenapa demikian?
Alasan pertama, karena Pulau Rinca masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Pulau Komodo yang mana telah mendapat predikat sebagai salah satu keajaiban dunia. Yang kedua adalah karena keindahan alamnya yang memang benar-benar menakjubkan.

Nuansa Alam yang Memukau di Pulau Rinca Komodo

Dari segi view lanskap, Pulau Rinca tidak jauh berbeda dengan Pulau Komodo. Pulau Rinca memiliki hamparan pantai berpasir putih yang indah dan bersih, lengkap dengan arus laut yang cenderung tenang, terasa hangat dan berwarna biru jernih. Disini, Anda akan menjumpai beberapa jenis hewan liar, terutama sekawanan komodo.

Di pantai yang ada di Pulau Rinca Komodo, ada beberapa karang kecil yang ketika siang hari, bisa Anda tapaki untuk melihat pemandangan sekitar dari ketinggian. Suasananya pun begitu damai dan menenangkan, hal ini dikarenakan Pulau Rinca merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Sehingga kelestariannya pun masih benar-benar terjaga dengan baik.

pulau rinca komodo

sumber instagram@liburankemanaya

Sekilas tentang Pulau Rinca Komodo

Pulau Rinca memiliki luas sekitar 19,2 kilometer persegi yang menjadi tempat tinggal asli reptil komodo setelah Pulau Komodo itu sendiri. Bahkan pulau ini menampung lebih banyak komodo, ada lebih dari 2.000 ekor komodo di Pulau Rinca. Di Pulau Rinca, Anda akan menjumpai sebuah patung komodo yang memiliki tinggi sekitar 3 meter, letak patung tersebut adalah di dekat dermaga.

Tidak jauh dari gerbang utama, Anda akan melihat langsung beberapa sekawanan komodo liar. Meski Anda tidak perlu takut, namun Anda juga harus tetap waspada sebab gigitan reptil peninggalan jaman purba ini cukup berbahaya (beracun).

Lihat juga Liburan Seru di Pulau Komodo

Yang perlu Anda tahu tentang Pulau Rinca

Kadal raksasa ini hidup bebas dan liar di Pulau Rinca. Pengunjung pun sebaiknya tidak berlaku sembarangan di pulau ini. Akan tetapi beberapa penjaga taman akan memantau satwa-satwa tersebut dengan profesional. Jadi sebaiknya, jika Anda berkunjung ke Pulau Rinca, hindari membawa makanan ringan terutama yang mengandung daging atau ikan karena komodo dapat mencium dari kejauhan.

Wanita yang sedang haid juga sebaiknya ditunda dulu kunjungannya ke pulau ini, sebab penciuman komodo sangat tajam terutama bau darah/daging, sehingga untuk berjaga-jaga sebaiknya ikuti perintah penjaga taman yang akan memutuskan siapa yang boleh masuk ke pulau ini atau tidak.

pulau rinca komodo

sumber instagram@liburankemanaya

Rute Menuju Pulau Rinca

Untuk bisa sampai ke Pulau Rinca, Anda harus menempuh perjalanan dengan kapal selama 2 jam dari pelabuhan Labuan Bajo. Setelah itu, Anda akan sampai ke pintu masuk Dermaga Loh Buaya Pulau Rinca. Ada baiknya waktu berkunjung ke Pulau Rinca adalah di pagi hari, Anda akan berkesempatan melihat sunrise yang indah.

Ada Apa di Pulau Rinca

Aktivitas wisata yang terbaik dilakukan di Pulau Rinca adalah dengan menjelajahi atau berkeliling pulau secara keseluruhan. Ada beberapa rute yang dapat Anda tempuh, yakni rute pendek, rute menengah dan rute panjang.
Selama menjelajahi pulau, Anda akan ditemani oleh seorang ranger (penjaga taman), Anda akan melihat langsung sarang komodo dan mendaki bukit. Anda juga dapat menyusuri pinggir pantai atau duduk santai disana menikmati pemandangan sekitar yang indah dan alami.

Demikian diatas review kami mengenai Pulau Rinca, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berlibur di Pulau Komodo.

Incoming search terms:

  • komodo dragon

Written by ilhamfu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *