Liburan Seru ke Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional Pulau Komodo – Anda semua tentu sudah tahu sekilas mengenai Pulau Komodo? Tapi tentu banyak yang belum tahu bagaimana caranya bisa sampai kesana dan apa saja yang bisa Anda lakukan disana.

taman nasional pulau komodo

sumber instagram@trip.pulau.komodo

Komodo merupakan salah satu satwa endemik Indonesia. Reptil raksasa tersebut memiliki habitat asli di wilayah timur Indonesia. Hampir keseluruhan pulau dihuni oleh komodo, itulah sebabnya Pulau Komodo dinobatkan menjadi salah satu keajaiban dunia sebab tidak ada pulau lain yang dapat menyamai pulau ini.
Belakangan, pamor pariwisatanya kian terangkat. Nyatanya, pesona keindahan alam di Pulau Komodo yang masih terjaga kelestariannya, sangat patut dibanggakan, bahkan telah menjadi salah satu warisan dunia.

Lokasi Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional yang wilayahnya terdiri atas lautan dan daratan (pulau) ini berada di wilayah timur Indonesia, tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur bagian ujung barat. Taman Nasional Pulau Komodo masih termasuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Manggarai Barat. Kota atau bandar udara paling dekat dengan Taman Nasional Pulau Komodo adalah Labuan Bajo.

taman nasional pulau komodo

sumber instagram@trip.pulau.komodo

Cara Menuju Taman Nasional Pulau Komodo

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk bisa sampai ke Taman Nasional Komodo. Yang pastinya jika kita berasal dari luar Nusa Tenggara Timur maka kita harus lebih dulu menuju ke Labuan Bajo yang letaknya di ujung barat Flores, Nusa Tenggara Timur.

– Via udara

Untuk Anda yang hendak menuju ke Labuan Bajo dengan pesawat terbang, maka penerbangan yang langsung menuju bandara di Labuan Bajo adalah dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Selain itu, Anda harus transit terlebih dahulu di Denpasar, Bali, baru kemudian dilanjutkan menuju Labuan Bajo.

– Via darat

Jika Anda memiliki banyak waktu, Anda pun bisa menggunakan jalur darat. Caranya adalah dengan menggunakan bus umum dari Denpasar, Bali barulah Anda akan diarahkan menuju ke beberapa pulau seperti Lombok dan Sumbawa. Anda pun bisa menggunakan mobil sewaan/rental dari Denpasar atau Lombok.

– Via laut

Ada beberapa kapal PELNI yang berlabuh di Labuan Bajo. Di antaranya adalah KM. Kelimutu, KM. Wilis, KM. Sirimau da KM. Tilongkabila. Anda bisa start dari Surabaya atau kota lain yang disinggahi oleh kapal-kapal PELNI tersebut.

Setelah sampai di Bandara atau Pelabuhan Labuan Bajo, Anda bisa menyewa perahu kayu atau speedboat untuk menuju ke Pulau Komodo atau Taman Nasional Komodo.

taman nasional pulau komodo

sumber instagram@trip.pulau.komodo

Aktivitas wisata di Pulau Komodo

Yang pasti, tujuan utama berkunjung ke Pulau Komodo adalah untuk berjumpa langsung dengan reptil raksasa yang menjadi satwa endemik pulau tersebut. Kawanan komodo dapat dijumpai di Pulau Rinca dan Pulau Komodo, Anda bisa menempuhnya dengan trekking atau berjalan kaki. Namun, karena komodo termasuk binatang yang buas pemakan daging, Anda harus tetap berhati-hati.

Aktivitas lainnya di Pulau Komodo

Selain trekking untuk menjumpai kawanan komodo liar, Anda juga bisa menyelami kedalaman laut di sekitar Pulau Komodo yang masih sangat terjaga keindahannya. Kegiatan snorkeling ataupun diving biasanya dilakukan di sekitar wilayah Pantai Pink.

Jika Anda tidak ingin menyelam, maka Anda masih bisa melakukan aktivitas pantai lainnya seperti berenang, berjemur, berjalan-jalan hingga berfoto-foto. Perlu Anda ingat, bahwa biasanya tour menuju Pulau Komodo paling minim adalah 3 hari. Jadi Anda harus menyiapkan berbagai perbekalan yang memadai.

Tunggu apalagi? Segera rencanakan liburan Anda menuju Taman Nasional Pulau Komodo yang eksotis dan menawan ini bersama keluarga besar, atau teman-teman Anda. Dijamin liburan Anda akan berkesan dan menjadi kenangan yang sulit dilupakan.

Incoming search terms:

  • pink beach komodo

Written by ilhamfu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *