14 Tempat Wisata di Flores yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Flores – Flores memang terkenal akan Pulau Komodonya, tapi masih ada destinasi tempat wisata di Flores lainnya yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi. Dijamin deh kamu nggak bakal nyesel datang ke sini, intip dulu yuk rekomendasinya.

Tempat Wisata di Flores – Taman Nasional Pulau Komodo

Siapa yang tidak mengenal salah satu keajaiban dunia dari Flores ini? Setidaknya, kamu harus mencoba untuk mendatanginya meski hanya sekali seumur hidup. Pulau Komodo merupakan cagar alam dari Taman Nasional Komodo.

Sesuai dengan namanya, kehidupan hewan kadal raksasa bernama komodo sangat dijaga di sini. Meskipun tampak tenang, kamu tetap harus waspada karena di dalam air liurnya terdapat banyak bakteri yang mematikan.

Saat kamu melakukan trekking di Taman Nasional Komodo, jangan pernah melawan arahan pemandu. Ikuti petunjuk dari pemandu agar kamu bisa mengamati Komodo dari jarak yang cukup dekat.

Baca Juga :
8 Pantai di Bangka Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi
Kampung Eropa Payakumbuh – Review Lengkap

Istana Raja Larantuka

Istana ini memiliki gaya arsitektur kuno Belanda yang selalu dipadati oleh peziarah untuk berpose. Istana ini juga dinamakan Ile Mandiri. Istana yang berlokasi tepat di selatan Jalan Negara Trans Flores yang berseberangan dengan Taman dia dengan pagar putihnya.

Rumah dengan panjang 20 meter dan lebar 15 meter serta tinggi 8 meter ini merupakan bangunan baru dan pernah dipugar pada tahun 2007.

Tempat Wisata di Flores – Danau Kelimutu

Sebelum Taman Nasional Komodo populer seperti saat ini, sudah ada tempat wisata di Flores yang lebih dulu hits, yaitu Danau Kelimutu. Yang menjadikannya begitu menarik perhatian adalah ikonnya yang muncul pada gambar uang seribu rupiah.

Danau yang berada di ketinggian 1.631 meter di atas permukaan laut ini memiliki keunikan dengan warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Untuk kamu yang ingin melihat keunikannya, bisa datang ke Desa Pemo, kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende.

Pantai Pink

Ya, sama dengan namanya pantai ini memang berwarna pink. Warna pink di pantai ini berasal dari perpaduan pasir putih dan cangkang kerang warna merah yang keberadaannya cukup banyak di Pantai Pink hingga serpihan-serpihannya membentuk warna merah muda yang eksotis.

Tempat Wisata di Flores – Pulau Padar

Ingin mencari spot instagramable di Flores? Pulau Padar jawabannya! Pesonanya sangat instagramable dengan salah satu bukitnya yang menjadi pos pandang paling istimewa untuk melihat lanskap lengkap lukisan alam yang menawan.

Keindahan perpaduan birunya langit cerah jernih dan pulau yang kokoh berdiri di antara debur ombak.

Pulau Kanawa

Awalnya, Pulau Kanawa tidak begitu dikenal di Indonesia, melainkan di Australia. Berkat banyak fotonya tersebar di media sosial, terkhusus Instagram. Akhirnya pulau ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk dikunjungi oleh backpacker.

Pulau yang memiliki luas 32 hektar ini bisa kamu jelajahi seharian penuh loh. Jaraknya dari Labuan Bajo sekitar 10 kilometer.

Kamu bisa trekking keliling pulau hingga snorkeling atau diving di dermaga karena bukitnya memang menjanjikan lukisan alam yang indah. Dan tempat ini juga cocok banget untuk dijadikan foto prewedding atau foto bersama kawan-kawan juga oke.

Pesan Paket Wisata Labuan Bajo Komodo

Danau Sano Nggoang

Kalau di Sumatera ada Danau Toba, maka di Nusa Tenggara Timur ada Danau Sano Nggoang yang merupakan danau terbesar di NTT. Kecantikannya tercipta dari warna hijau airnya.

Luas Danau Sano Nggoang sekitar 513 hektar dengan area sekitarnya yang masih dikelilingi oleh hutan. Nah, kalau kamu sednag mencari ekowisata di NTT, danau ini cocok banget kamu jadikan pilihan.

Tempat Wisata di Flores – Pantai Koka

Di Desa Wolowiro, Paga, Kabupaten Sikka juga ada pantai cantik loh. Namanya Pantai Koka. Di akhir pekan, ia ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Karakteristik pemandangannya nggak jauh beda dengan destinasi wisata di NTT di atas. Bedanya pantai ini dengan destinasi Flores lainnya adalah jaraknya yang cukup dekat dengan Jalan Raya Maumere-Ende yaitu 100 meter saja.

Selain keindahan alamnya yang menawan, Pantai Koka juga kerap dijadikan tujuan wisata bersama keluarga. Terkhusus yang menyukai aktivitas bermain air di pantai.

Pantai Nanganesa

Di dekat Desa Walotopo juga ada pantai, namanya Pantai Nanganesa. Sebuah pantai yang dipenuhi bebatuan. Di pantai ini juga ramai akan aktivitas penduduk karena lokasinya yang cukup dekat dengan perkampungan.

Kamu mudah banget menemukan bangunan dan rumah tradisional warga karena masih banyak tersebar di sekitar pantai.

Air Terjun Cunca Wulang

Siapa yang pernah ke Green Canyon? Atau melihatnya melalui internet? Tapi emang tidak sebesar Green Canyon, sebut saja versi mininya. Penasaran apa? Namanya Air Terjun Cunca Wulang.

Air terjun yang mengalir melalui tebing sempit dan tersembunyi di belantara hutan tropis yang hijau. Yang paling asyik adalah terjun melompat ke dalam kolam tenang dan berair jernih di bawah bebatuan kemudian berenang ke sana kemari.

Sembari berennang, coba intip kemegahan air terjun yang tersembunyi di balik tebing ini. Yang perlu dijadikan catatan, perhatikan kondisi air dulu sebelum melompat karena bisa saja airnya tengah dangkal karena musim kemarau.

Di sini juga bisa swafoto loh karena ada jembatan gantungnya yang menyuguhkan pemandangan menawan. Apalagi buat swafoto, makin cantik saja liburanmu.

Air Terjun Cunca Rami

Bukan hanya pulau dan pantai saja yang indah, Flores juga mempunyai air terjun yang sangat memukau dan nggak boleh dilewatkan begitu saja. Salah satu wisata air terjun di Flores yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Cunca Rami.

Air terjun yang berada di Kampung Lamung, Mbeliling, Manggarai Barat ini memiliki ketinggian 70 meter dari puncak hingga ke kolam penampungan di bawahnya.

Yang menawan adalah perjalanannya menuju ke Cunca Rami. Kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang di kanan kirinya berupa kebun atau sawah warga. Jangan lupa siapkan mental juga untuk menembus hutan Mbeliling yang masih alami.

Baca Juga :
Mau ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT.? Perhatikan Tips Penting Ini
6 Gili Terindah di Pulau Lombok

Goa Liang Bua

Nama Liang Bua bermakna lubang yang sejuk. Nama ini sendiri adalah sebutan warga setempat area pegunungan Karst ini.

Pada tahun 1930-an ditemukanlah goa ini bersamaan dengan beberapa sisa manusia purba dan sekarang goa ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs purba penting di dunia. Ini nggak lepas dari penemuan manusia Flores atau yang disebut dengan Homo Florensiensis.

Kalau kamu juga pengen ngerasain sejuknya, datang aja ke Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Ruteng, Manggarai.

Paket Wisata Minangkabau Tour

Pulau Rinca

Kamu juga bisa trekking menikmati keindahan alam di Pulau Rinca loh. Pulau Rinca juga dibilang mewakili pesona surga daratan Flores. Kadal raksasa Komodo Juga bisa kamu temukan di sini.

Ya, benar banget kalau Pulau Rinca masuk dalam bagian Taman Nasional Komodo. Pernah berkunjung ke Padang Savana Baluran di Banyuwangi? Maka, di Flores Barat ini ada Pulau Rinca yang Savana-nya mirip di Afrika.

Tempat Wisata di Flores – Labuan Bajo

Kamu kalau mau ke Flores lewat mana? Salah satu akses masuk ke Flores bisa melalui Labuan Bajo. Kamu juga bisa masuk ke Taman Nasional Pulau Komodo melalui Labuan Bajo.

Labuan Bajo terkenal akan destinasi diving-nya, apalagi untuk para diver internasional. Bukan hanya itu, para traveler juga kerap menantikan sunset di sini.

Tempat Wisata di Flores
Ig : abhebarru

Yakin nggak tertarik untuk datang dan menikmati semua keindahan alamnya Flores? Kalau ditelaah lebih jauh, masih ada banyak loh tempat wisata di Flores yang mempesona. Yuk kenalan sama pesona Flores yang memukau!