Tempat Wisata Labuan Bajo yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata Labuan Bajo – Labuan Bajo merupakan daerah di wilayah timur, tepatnya di bagian Barat Pulau Flores. Sebagai daerah yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, destinasi wisata Labuan Bajo sudah terkenal di seluruh Indonesia, bahkan hingga ke mancanegara.

Tempat Wisata Labuan Bajo

Jika kamu berencana berlibur di Labuan Bajo, ada banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Berikut 7 destinasi wisata di Labuan Bajo untuk liburan kamu.

Pulau Komodo

Sesuai namanya, Pulau Komodo menjadi rumah bagi Komodo – spesies hewan purba yang terancam punah. Komodo menjadi salah satu daya tarik Pulau Komodo, hingga banyak wisatawan yang ingin menyaksikan langsung hewan purba yang masih hidup ini.

Tentu bukan hanya hewan Komodo yang menjadi daya tarik Pulau Komodo. Wisatawan berkunjung karena pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat eksotis di sekitar Pulau Komodo. Pulau-pulau kecil itu semakin terlihat menawan dengan air laut yang biru dan bersih.

taman nasional pulau komodo
IG @trip.pulau.komodo

Di Pulau Komodo, juga dibangun Taman Nasional Komodo (TNK). Tujuannya, untuk melindungi komodo dari kepunahan, termasuk melindungi flora di sekitar TNK.

Wisata di Labuan Bajo yang satu ini memiliki tempat menyelam seperti di Samsia Stone dan Crystal Rock. Di Samsia Stone, kamu bisa berenang bersama kura-kura dan ikan hiu.

Sedangkan di Crystal Rock, kamu bisa melihat langsung ikan berbagai jenis ikan seperti ikan barramundi. Satu lagi tempat terbaik menyelam di Manta Point untuk melihat pari manta secara langsung.

Baca Juga :
Mau ke Pulau Padar Labuan Bajo NTT.? Perhatikan Tips Penting Ini
– Berwisata ke Pulau Bidadari di Labuan Bajo

Pulau Rinca

Pulau Rinca masuk wilayah Kepulauan Komodo. Komodo juga banyak ditemukan di pulau ini. Meski tidak sebesar Pulau Komodo, namun komodo yang hidup di pulau ini mencapai sekitar 1500 ekor. Daya tarik Pulau Rinca bukan hanya komodo namun juga alamnya yang mempesona. Di pulau ini, kamu akan melihat padang rumput menutupi sebagian besar pulau. Meski berwarna cokelat yang memberi kesan gersang, justru itu menjadi pemandangan yang menarik. Padang rumput itu seperti sabana yang luas.

Bagi yang suka pantai pasir putih, pulau ini juga ‘surganya’ pasir putih. Jadi, pasir putih bukan hanya milik Pulau Komodo. Apa yang ada di Pulau Komodo juga ada di Pulau Rinca. Pulau ini juga punya puncak yang menjulang tinggi mirip puncak di Pulau Padar.

Tidak heran, jika pulau ini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Labuan Bajo. Beberapa fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap. Ada homestay di sekitar lokasi penjaga, warung makan, dan toilet.

Tempat Wisata Labuan Bajo – Pulau Kalong

Seperti namanya (‘Kalong’ berarti kelelawar dalam bahasa Indonesia). Pulau seluas 5 hektar ini merupakan salah satu habitat kelelawar di Labuan Bajo. Ribuan bahkan mungkin jutaan kelelawar hidup di pulau ini. Mereka hinggap di antara pohon bakau yang tumbuh di pulau ini.

Kelelawar di Pulau Kalong akan keluar mencari makanan saat senja datang. Matahari terbenam adalah waktu bagi mereka untuk keluar dari sarang. Mereka penuh sesak dengan suara berisik. Terbang di atas air laut bersinar keemasan di bawah sinar matahari senja. Kelelawar pun terbang ke Timur dan hanya akan kembali keesokan paginya.

Kamu akan menyaksikan satu peristiwa langka di saat senja. Saat ribuan kelelawar memenuhi langit Kepulauan Komodo. Mereka terbang bebas di atas perairan Pulau Kalong, membiaskan nuansa keindahan berupa sinar kuning keemasan.

Pesan Paket Wisata Labuan Bajo di Sini

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa memiliki luas sekitar 35 hektar. Pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama pantai dan pemandangan bawah lautnya.

Keindahan bawah laut di pulau ini sangat mengagumkan, yang menjadikan pulau ini salah satu tempat wisata favorit di Labuan Bajo. Warna airnya yang jernih membuat berbagai biota laut di dalam air terlihat jelas dari permukaan.

Kamu pasti akan terasa betah berlama-lama tinggal di Pulau ini, karena melihat berbagai terumbu karang, ikan-ikan kecil warna-warni, termasuk penyu dapat terlihat jelas.

Menjelang sore hari, pulau ini akan menampakkan keunikannya. Dimana, ketika matahari mulai tenggelam, air laut pun perlahan ikut surut.

Tempat Wisata Labuan Bajo – Pulau Padar

Di TNK berderet pulau-pulau kecil yang sangat indah. Di Pulau Padar, yang masuk kawasan TNK, memiliki sebuah bukit yang sangat indah. Di sekelilingnya, terdapat hamparan laut biru yang sangat mempesona.

pulau padar labuan bajo ntt
Doc pribadi

Pulau Padar, telah menjadi tempat rekreasi populer di Labuan Bajo. Bahkan, banyak turis asing datang ke Labuan Bajo hanya ingin menikmati Pulau yang memiliki 3 pantai dengan 3 warna yang berbeda ini. Pulau Padar adalah pintu gerbang utama menuju TNK. Untuk sampai disana, kamu bisa naik speed boat, perahu nelayan, atau bahkan kapal pesiar.

Salah satu daya tarik dari pulau ini adalah pemandangan yang sangat eksotis dari puncak bukit. Pemandangan bukit-bukit batu begitu mempesona. Dari puncak bukit, kamu dapat melihat hamparan air laut yang berwarna biru. Seolah ombak mengalun semakin mempercantik suasana laut di Pulau Padar.

Baca Juga :
32 Tempat Wisata di Bukittinggi Yang Instagramable Banget
Paket Wisata Minangkabau Tour

Gili Laba

Berada di kawasan TNK, Gili Laba menawarkan pemandangan alam yang sangat eksotis. Jika kamu liburan di Labuan Bajo, jangan lewatkan untuk berkunjung ke salah satu pulau kecil di TNK ini. Tempat wisata ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Hamparan laut terlihat sangat indah dari atas bukit.

Pemandangan air laut yang jernih dan hamparan pasir putih membentang di sepanjang Gili Laba. Dari atas Gili Laba, pengunjung juga dapat melihat indahnya panorama Pulau Komodo. Selama musim hujan, pohon-pohon di sekitar bukit berwarna hijau dan ketika musim kemarau berubah warna kuning. Sangat unik!

Di sepanjang jalan menuju bukit Gili Laba, kamu akan melewati berbagai tanjakan. Jadi, perlu stamina dan energi ekstra agar pendakian ke puncak Gili Laba berjalan lancar.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau terindah di Labuan Bajo. Pulau ini tidak dihuni oleh Komodo, sehingga pengunjung tidak perlu merasa khawatir untuk menjelajahi pulau ini. Istilah Bidadari juga sangat masuk akal jika melihat keindahan pasir putih dan berbagai jenis ikan di pulau itu.

Kawasan di sekitar pulau dikelilingi oleh bukit, pohon, dan pasir putih yang indah. Membuat pulau ini terkenal dengan pantai pasir putihnya. Untuk kegiatan menyelam dan snorkeling sambil menikmati panorama bawah laut, Pulau Bidadari adalah wisata bahari terbaik di Labuan Bajo.

Ombak laut di pantai ini juga tidak terlalu besar. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini sekadar ingin berjemur. Pulau Bidadari juga menjadi tempat terbaik bagi penyelam amatir. Untuk kamu yang baru belajar menyelam, disarankan menyelam di Pulau Bidadari.

Sambil menyelam kamu akan melihat terumbu karang dan biota laut dengan ikan berwarna-warni dari kedalaman 5 meter. Jika menyelam lebih dalam, kamu bisa bertemu kura-kura besar. Jika tidak bisa menyelam tetapi ingin melihat panorama bawah laut, kamu bisa snorkeling di sekitar pulau untuk menikmati terumbu karang.

Itulah 7 tempat wisata Labuan Bajo yang sudah sangat populer. Nikmati indahnya panorama alam di kawasan Timur Indonesia ini bersama keluarga dan kerabat dekat.