Trekking yang Seru dan Menantang di Pulau Padar, Labuan Bajo

Trekking di Pulau Padar – Flores dan Labuan Bajo belakangan ini menjadi primadona pariwisata di Nusa Tenggara Barat. Bukan hanya karena ada Pulau Komodo, tetapi juga karena ada Pulau Padar.

Pulau Padar, Destinasi Trekking yang Seru di Labuan Bajo

Pulau Padar mungkin memang tidak sepopuler Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Bidadari. Namun keindahan alam pulau tak berpenghuni ini tidak kalah menarik dibanding ketiga pulau tersebut. Pulau Padar sendiri merupakan pulau ketiga terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo. Belakangan ini, Pulau Padar mulai dilirik para wisatawan yang senang dengan kegiatan trekking.
Sekilas tentang Pulau Padar

trekking di pulau padar
sumber catperku.com

Pulau Padar juga salah satu pulau yang juga menjadi Situs Warisan Dunia ( versi UNESCO) karena masih termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Komodo, selain Pulau Komodo, Pulau Rinca serta Gili Motang. Dulu, Pulau Padar juga dihuni oleh kawanan komodo, akan tetapi karena rantai makanannya terputus, akhirnya tidak lagi dijumpai kawanan komodo di pulau ini. Pulau Padar memiliki luas sekitar 2.017 hektar.

Kondisi Geografis dan Keindahan Alam Pulau Padar

Secara geografis, letak Pulau Padar lebih dekat jaraknya dari Pulau Rinca dibanding dari Pulau Komodo. Di antara Pulau Padar dan Pulau Rinca dipisahkan oleh Selat Lintah. Di sekitar Pulau Padar, terdapat sejumlah pulau kecil dengan keindahan panorama lanskap alamnya masing-masing. Pulau Padar memiliki kontur tanah yang berbukit. Perlu Anda ketahui bahwa di Pulau Padar terdapat sebuah pantai yang unik, yang disebut dengan Pantai Pink atau Pink Beach. Dinamakan demikian karena pasirnya berwarna merah muda.

sumber indonesiakoran.com

Aktivitas Trekking di Pulau Padar

Karena Pulau Padar merupakan sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni, maka jelaslah tidak ada kendaraan apapun di pulau ini selain dari kapal yang mengangkut kita menuju pulau ini. Sehingga, aktivitas wisata yang utama di Pulau Padar ini adalah dengan trekking, atau berjalan kaki menjelajahi pulau untuk sampai di puncak bukit yang cukup curam.

Untuk menjelajahi seantero pulau dengan trekking, Anda mungkin akan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit. Namun itu semua akan terbayarkan begitu Anda sampai di puncak bukit yang ada di Pulau Padar. Sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang menakjubkan. Hamparan lautan biru dengan ombak yang tenang, dihiasi dengan penampakan beberapa pulau kecil nan hijau serta langit yang cerah.

Aktivitas Wisata Lainnya di Pulau Padar

Selain menjelajah pulau dengan trekking, kegiatan wisata yang dapat anda nikmati di Pulau Padar adalah dengan menyelami keindahan perairan laut yang dangkal di sekitar Pulau Padar, baik dengan snorkeling maupun diving. Nantinya Anda akan menjumpai sekumpulan biota laut yang hidup bebas dan terumbu karang yang masih sangat alami dan terawat.

sumber sportourism.id

Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan dan berenang di pinggir pantai atau mengabadikan beberapa foto bersama teman-teman atau keluarga Anda. Jadi jika berkunjung ke Pulau Padar, jangan sampai kamera Anda ketinggalan di penginapan.

Akses Menuju Pulau Padar

Untuk bisa sampai ke Pulau Padar, Anda harus lebih dulu menuju Labuan Bajo. Dari Labuan Bajo ke dermaga yang ada di Pulau Padar, Anda harus menggunakan kapal penyeberangan (feri) atau bisa juga dengan kapal motor. Jangan lupa siapkan perbekalan yang cukup dan hindari membawa barang yang berlebihan. Sebab disana Anda tidak akan menjumpai penjaja makanan/minuman.

Nah, demikian diatas review singkat mengenai obyek wisata Pulau Padar di Labuan Bajo, sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *